Inovasi Berkelanjutan : Pemanfaatan Sampah Plastik sebagai campuran pembuatan paving block di Bank Sampah Sawo Kencana

Rabu, 21 Juni 2023, Bank Sampah Sawo Kencana (BSSK) yang berlokasi di Komplek Sawo Griya Kencana RT 8 RW 01 Kelurahan Limo Kecamatan Limo Kota Depok menerima kedatangan tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta dalam rangka Program Kemitraan Masyarakat dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan Teknologi Pengolahan Sampah Pada Bank Sampah Sawo Kencana.

Ketua BSSK, Marni Dewi Yanti, SE., MM. sangat mengapresiasi kegiatan ini dan menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengembangan program kegiatan Bank Sampah yang melibatkan institusi pendidikan sebagai mitra kolaborasi. Dalam sambutannya Marni Dewi berharap setelah adanya pembinaan dan pendampingan dari tim Abdimas UPN Veteran Jakarta ke depannya fungsi bank sampah bukan hanya sebagai tempat untuk menerima dan mengumpulkan setoran sampah terpilah tapi juga sebagai pusat edukasi dan inovasi dalam hal pemanfaatan sampah secara berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Kegiatan pembinaan ini diikuti oleh pengurus Bank Sampah Sawo Kencana, perwakilan pengurus lingkungan RT 08 dan mahasiswa FT UPNVJ. Pada kesempatan kali ini tim abdimas FT UPN Veteran Jakarta di bawah koordinasi Budi Martana ST., MM. dan Ir. Fahrudin ST., MT mengajak para peserta untuk mempraktekkan pembuatan paving block dengan memanfaatkan cacahan sampah botol plastik atau sampah multilayer/ sachet sebagai bahan campuran, setelah sebelumnya pada bulan Januari lalu sudah dipraktekkan cara pencacahan sampah plastik menggunakan mesin pencacah. Diharapkan inovasi ini dapat mengurangi pencemaran limbah plastik di lingkungan. Dan untuk kegiatan ini Bank Sampah Sawo Kencana menjadi pelopor penerapan inovasi berkelanjutan di wilayah Kecamatan Limo Kota Depok.

Marni Dewi Yanti menambahkan bahwa untuk mengatasi masalah sampah harus dimulai dari sumbernya, yaitu sampah rumah tangga, dalam hal ini adalah sampah yang dihasilkan oleh warga Komplek Sawo Griya Kencana sehingga dalam pengelolaannya membutuhkan komitmen baik dari pengurus bank sampah, pengurus lingkungan dan seluruh warga perumahan. Dengan adanya program kemitraan ini semua pihak tersebut diharapkan dapat saling mendukung dan bekerjasama di bawah pembinaan dan pendampingan dari tim abdimas FT UPN Veteran Jakarta.

Menutup kegiatan ini, Ir. Sri Sulasminingsih, MSI selaku Ketua tim Program Kemitraan Masyarakat menyampaikan harapan agar melalui kegiatan ini masyarakat dapat menambah ilmu dan wawasan serta meningkatkan skill sumber daya manusia khususnya bagi mitra Bank Sampah Sawo Kencana, sehingga praktek pengolahan sampah dengan sentuhan teknologi ini dapat diterapkan bersama di lingkungan Komplek Sawo Griya Kencana RT 8/ RW 01 terutama dalam praktek pembuatan paving block ramah lingkungan.