DepokNews–Hj. Iin Nur Fatinah, A.md- Anggota Legislatif FPKS provinsi Jawa Barat, menjadi salah satu nara sumber dalam Sosialisasi Program Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II (BBNKB II) dan Program Pajak Keliling Depok Bersama dan Terpadu (PALING D’BEST ) Cinere – Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Samsat Cinere Depok, Selasa (22/11/2022).

Hj. Iin Nur Fatinah menyampaikan dalam paparannya bahwa Pajak yang dibayarkan masyarakat merupakan sumber pendanaan pembangunan yang dipergunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat berupa pembangunan daerah di provinsi dan seluruh kabupaten/kota se jawa barat.

“Tahun 2022, Provinsi Jawa Barat menargetkan pendapatan sebesar 32,31 triliun dimana 20,64 triliun (64,07%) bersumber dari pajak daerah dimana Pajak kendaraan bermotor (PKB) masih memberikan kontribusi paling besar terhadap penerimaan pajak daerah yang dikelola pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat,” jelas Hj. Iin Nur Fatinah.

Dijelaskan Hj. Iin Nur Fatinah, penerimaan pajak kendaraan bermotor dalam tiga tahun terakhir mencapai 8.147 triliun pada tahun 2019, tahun 2022 ditargetkan pemilik kendaraan yang membayar Pajak sebanyak 12 juta kendaraan yang bersumber dari pajak kendaraan lama 11 Juta dan kendaraan baru 1 Juta. Termasuk Pajak kendaraan lama ditargetkan dari kendaraan yang menunggak pajak Atau tidak melakukan registrasi sebanyak 1 juta kendaraan.

“Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar Pajak kendaraan bermotor pemerintah Jawa Barat menggunakan strategi Smart Tax Yaitu layanan Samsat Cerdas yang menempatkan masyarakat sebagai pusat layanan berbasis teknologi Digital,” tambah Hj. Iin Nur Fatinah.


Menurut Hj. Iin Nur Fatinah, bagi Pemerintahan Kabupaten/Kota, Sinergi dan Kolaborasi dalam rangka Intensifikasi dan Ekstensifikasi pendapatan daerah berupa sosialisasi kebijakan dan program menjadi suatu keharusan guna meningkatkan rasio kepatuhan pajak masyarakat, Khususnya kepatuhan dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor.

“Kami memberikan apresiasi setinggi tingginya P3D/Samsat Cinere telah mengadakan acara sosialisasi program PALING D’BEST ini dengan mengundang tokoh-tokoh masyarakat serta atas kinerja & inovasinya dalam pencapaiannya memenuhi target pendapatan yang di tetapkan pemprov.Jabar & termasuk dalam jajaran samsat terbaik sejabar. Kedepannya hal ini harus di pertahankan dg terus menjalin sinergi & kolaborasi pentahelix demi suksesnya pembangunan di jabar & khususnya kota Depok,” tutur Hj. Iin Nur Fatinah.

Dalam Akhir paparannyanya hj, Iin juga berharap kepada Para tokoh masyarakat yang merupakan tokoh panutan dalam bermasyarakat diharapkan dapat lebih meningkatkan kontribusinya dengan Selalu taat dalam pembayaran pajak kendaraan serta menjadi Penyuluh Kebijakan Pajak kepada masyarakat.


“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya untuk masyarakat yang telah membayar pajak,” pungkas Hj. Iin Nur Fatinah.

Previous articlePKS Depok Kirim Bantuan ke Lokasi Gempa di Cianjur
Next articleLayangkan SP3, Tim Penertiban Lahan UIII Berharap Para Penggarap Kosongkan Lahan Secara Sukarela