Jadi Narasumber Loka Karya Pertanian Kota, Pemkot Depok Siap Dukung Upaya Pencegahan Perubahan Iklim

Pemerintah Kota Depok menjadi narasumber pada Loka Karya Pertanian Kota dan Potensinya untuk Mengatasi Dampak Perubahan Iklim di The Margo Hotel Depok, Selasa (06/06/23). (Foto: Diskominfo).

DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok turut konsen terdapat isu perubahan iklim. Salah satunya dengan pertanian perkotaan yang sudah berjalan. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, gagasan dan ide terkait mengatasi perubahan iklim akan terus didukung. Terlebih, gagasan tersebut datang dari kelompok masyarakat dan akademisi. 

“Tentu loka karya yang digelar Perhimpunan Indonesia berseru, IPB dan Rikolto ini akan kami dukung. Ke depan bagaimana kita bersama-sama membuat model terkait upaya untuk mengatasi perubahan iklim bersama perangkat daerah lainnya, dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat hingga gongnya nanti ketahanan pangan dengan pertanian perkotaan,” katanya usai menjadi salah satu narasumber pada Loka Karya Pertanian Kota dan Potensinya untuk Mengatasi Dampak Perubahan Iklim di The Margo Hotel Depok, Selasa (06/06/23). 

Dirinya berharap, berbagai hal yang didiskusikan melalui forum ini dapat diimplementasikan oleh seluruh pihak yang hadir. Misalnya diterapkan di rusunawa milik Pemkot Depok. 

“Bagaimana Pertanian perkotaan dapat diterapkan di sana, sehingga ada peningkatan ketahanan pangan dan ekonomi, pengelolaan sampah sendiri hingga akhirnya bisa turut dalam mengentaskan permasalahan iklim,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok, Sidik Mulyono menambahkan, pihaknya turut mendukung implementasi pertanian perkotaan di Kota Depok dalam konteks mengentaskan pengangguran. Sebab, peluang lapangan pekerjaan buka hanya pada sektor formal namun informal juga. 

“Alhamdulillah, Bapak Sekda Supian Suri juga telah mendukung pemanfaatan lahan milik Pemkot agar lahan produktif dan ini bisa menjaring tenaga kerja informal,” ungkapnya.

Sumber : depok.go.id