Oleh : Desi Hasbiyah
Sekretaris DPP FK KBIHU

Jakarta(5/12) Jelang pemilihan Ketua Umum, Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (FK KBIHU) masa bhakti 2022 2027 persiapkan agenda Musyawarah Nasional ke IV yang akan berlangsung di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, 6-8 Desember 2022

Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah(FK KBIHU) adalah forum yang membawahi ribuan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) yang sebelumnya diamanahkan kepada KH. Dr. Manarul Hidayat sebagai Ketua Umum FK KBIHU masa bhakti 2016-2021.

Munas IV ini seharusnya dilaksanakan pada tahun 2021 lalu, namun karena pandemi Covid 19 selama 2 tahun sehingga tertunda hingga akhir 2022.

Acara ini diikuti oleh seluruh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) FK KBIHU Se- Indonesia, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Provinsi Jawa barat, Jakarta dan Banten sebagai peserta pemilihan.

Hadir juga unsur Kementerian Agama, Komisi 8 DPR RI, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Bank Penerima Setoran (BPS) BIPIH, yang dilibatkan sebagai peninjau, serta undangan yang termasuk para stakeholder dalam perhajian Indonesia dan mitra lainnya.

Pembukaan Munas IV ini akan dilakukan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Chalil Qoumas. Agenda ini merupakan ajang silaturahmi pertama bagi FK KBIHU di seluruh Indonesia setelah masa pandemi berakhir. Antusiasme peserta terlihat dengan jumlah peninjau yang meningkat melebihi ekspektasi panitia.

Dalam rangkaian agenda munas kami hadirkan talkshow bersama Dirjen PHU Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Hilman Latif yang akan membahas tentang Kebijakan Perhajian Tahun 2023 dan peran KBIHU. Serta dari Komisi 8 DPR RI dan dari BPKH. Jadi selain acara Munas sendiri, banyak informasi tentang perhajian Indonesia yang bisa didapat. Apalagi pasca pandemi, informasi haji salah satu sektor yang paling di tunggu oleh masyarakat Ujar Desi, Sekretaris DPP FK KBIHU.

KBIHU yang merupakan mitra pemerintah melalui pembinaan, pembimbingan dan pendampingan Jemaah Haji menjadi lebih berperan aktif dalam rangka menciptakan Jemaah Haji yang mandiri sesuai amanat UU.

Dengan mengusung tema Kolaborasi Dan Sinergitas KBIHU Menuju Era Baru penguatan Ekosistem Perhajian Indonesia, Munas kali ini diharapkan dapat menghasilkan program-program kerja dan rekomendasi-rekomendasi yang mampu menciptakan sebuah kolaborasi dan hubungan yang sinergi antara KBIHU dengan seluruh stakeholder perhajian sehingga memperkuat hubungan timbal balik yang positif dan konstruktif bagi penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia dalam kondisi pasca pandemi. Pungkas Desi.

Previous articleWUB Cinere Belajar Praktik Coppywritting
Next articleTingkatkan Rasa Nasionalisme dan Cinta NKRI, Iin Nur Fatinah Adakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan