Kadinkes Depok Himbauan Masyarakat Agar Tetap Gunakan Masker Ketika Keluar Rumah

DepokNews–Penularan Coronavirus atau Covid-19 hingga kini masih menjadi masalah di semua negara. Berbagai langkah pencegahan terus dilakukan, seperti dengan menggunakan masker.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, penggunaan masker saat ini wajib digunakan, terlebih dalam Masa pandemi covid 19, khususnya di tempat keramaian. Sebab, penularan Covid-19 dapat terjadi akibat terkena percikan air liur orang yang sakit ketika bersin, batuk, bahkan saat bicara.

“Penularan terjadi ketika percikan air liur terhirup orang lain, maka sangat disarankan untuk selalu menggunakan masker saat di luar rumah,” Kemarin (19/08/20).

Dikatakan Novarita, jenis masker sangat beragam. Untuk mencegah penularan Corona terdapat tiga jenis masker yang disarankan ke masyarakat.

Antara lain masker kain, semua orang disarankan untuk menggunakan masker kain ketika bepergian ke luar rumah. Masker kain tetap dapat menghalau sebagaian pecikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, atau batuk dan bersin. Masker kain dengan bahan katun kerapatannya lebih baik dengan minimal dua lapis. Penggunaannya harus diganti tiap empat jam.

Selanjutnya, sambung Novarita, masker bedah yang merupakan jenis masker sekali pakai yang mudah dijumpai dan sering digunakan tenaga medis saat bertugas. Masker bedah lebih efektif pilihan untuk mencegah penyebaran Covid-19 karena memiliki lapisan yang mampu menghalau percikan air liur.

“Ada juga masker N95 yang efektif mencegah penularan Covid-19 secara aerosol atau uap udara. Masker yang cenderung lebih mahal ini tidak hanya mampu menghalau percikan air liur saja. Namun juga partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus,” tambahnya.

Terakhir, Novarita menegaskan, semua jenis masker sangat efektif mencegah penularan Corona. Tentunya tetap harus mengetahui cara pemakaian dan pastikan selalu mencuci tangan setiap usai melakukan atau menyentuh benda, terutama di tempat umum.