Kali Engram Longsor, DPUPR Lakukan Pengangkatan Material dan Pembuatan Turap

Satgas DPUPR Kota Depok diturunkan untuk melakukan penanganan longsor sejak Senin (27/03) kemarin di Kali Engram RT 04 RW 01 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan

DepokNews – Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok diturunkan untuk melakukan penanganan longsor sejak Senin (27/03) kemarin di Kali Engram RT 04, RW 01, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan.

Saat ini penanganan dilakukan dengan pengangkatan material longsor dan akan dilanjut dengan pembuatan turap.

“Begitu mendapat laporan, kami langsung terjunkan satu regu satgas yang terdiri dari 10 orang untuk melakukan penanganan. Saat ini penanganan dilakukan dengan pengangkatan material longsor dan masih terus berlanjut,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Selasa (28/03/23).

Dikatakannya, longsor menutupi sebagian aliran Kali Engram. Adapun longsor memiliki tinggi 3 meter dan panjang 10 meter. Penyebab longsor, karena intensitas hujan tinggi, sehingga struktur tanah dan bebatuan bergerak ke tempat yang lebih rendah.

“Pekerjaan ini menggunakan anggaran pemeliharaan, tidak ada target. Yang jelas harus sampai selesai,” ungkapnya.

Citra berpesan, kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi beberapa hari ke depan. Utamanya waspada terhadap potensi keretakan tanah yang bisa menimbulkan longsor. 

“Kami minta masyarakat untuk melapor jika ada potensi longsor ataupun banjir di wilayah masing-masing,” ujar Citra.

“Laporan bisa ditujukan ke Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 maupun ke Kantor Dinas PUPR yang berada di Jalan Raya Bogor Km 34,5, maupun via twitter di @DinasPUPR atau di nomor 082311835135. Nanti tim kami yang akan mengecek dan menindaklanjuti,” paparnya.

Sementara itu, Koordinator Satgas Lapangan DPUPR Kota Depok Saiman mengaku, pihaknya bersama satgas lainnya siap melakukan penanganan longsor maupun banjir.

“Kami siap melakukan penanganan jika dibutuhkan dan ditugaskan. Untuk kegiatan yang sifatnya darurat, Satgas akan turun lapangan langsung,” pungkasnya.

Sumber : depok.go.id