Kampus UI Masih Kampus Hijau Terbaik Seindonesia

DepokNews—-Universitas Indonesia masih disebut sebagai Kampus Terhijau se Indonesia versi UI GreenMetric World University Ranking 2019.

Di tingkat Indonesia, Universitas Indonesia (UI) kembali meraih predikat Kampus Hijau Terbaik, yang diikuti oleh Institut Pertanian Bogor dan Universitas Gadjah edua dan ketiga.

Pengumuman dilakukan pada hari Selasa (3/12) di kampus UI Depok dan disaksikan oleh Rektor UI Muhammad Anis, Muhammad Dimyati (Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional RI), Laksmi Wijayanti, M.CP (Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI).

Ketua Green Metric UI Riri Fitri Sari kepada wartawan pada Selasa(3/12) mengatakan pengumuman pemeringkatan juga disiarkan secara langsung secara streaming yang disaksikan oleh Perguruan Tinggi di luar Indonesia.

Penyerahan langsung plakat penghargaan Internasional akan dilakukan di Zanjan bertepatan dengan the 6 th International Workshop on
UI GreenMetric World University Rankings (IWGM 2020) di University of Zanjan, Iran, 8-10 Juni 2020

Wageningen University & Research masih menjadi perguruan tinggi hijau terbaik nomor satu dunia sejak 2017, universitas ini memiliki
keunggulan hampir pada seluruh kriteria di UI GreenMetric bahkan memperoleh nilai maksimal pada 4 kriteria yaitu Pengelolaan Enegi
dan Perubahan Iklim (EC), Pengelolaan Limbah (WS), Pengelolaan Air (WR), dan Pendidikan (ED).

Universitas ini merupakan universitas pertanian dalam seluruh aspek perkuliahan dan penelitiannya.

Sementara itu University of Oxford menunjukkan keunggulannya pada Pengelolaan Enegi dan Perubahan Iklim (EC) karena memiliki 3 sumber energi terbarukan, yaitu Solar Cell, Geothermal, Combine Heat and Power dan pengelolaan smart-eco building yang sudah mencapai lebih dari 75%.

Selain itu, universitas ini juga memiliki keunggulan pada Pengelolaan Limbah (WS) dan Pengelolaan Air (WR).

University of California Davis yang meraih peringkat ketiga memiliki jurusan environmental science yang bereputasi tinggi serta sangat berkomitmen kuat untuk menjaga lingkungan kampusnya tetap asri.

“UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama
di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus,”katanya.

Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau.

Tahun ini jumlah peserta mencapai 780 universitas dari 85 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya sebanyak 719 Perguruan Tinggi dari 81 negara di tahun 2018.

Beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2019 yaitu Bosnia dan Herzegovina, Estonia, Guatemala, Mauritius dan Uzbekistan.

Di Indonesia, terdapat 72 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric.

Pemeringkatan UI GreenMetric of World Universities dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es) dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas .
Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%),
Transportasi (18%), dan Pendidikan (18%).

Rektor UI Muhammad Anis, menyampaikan kita tengah menghadapi permasalahan berkenaan lingkungan hidup yang serius,
mulai dari perubahan iklim, bencana alam, kekurangan makanan dan air, dan polusi.

“Terkait permasalahan tersebut, kami UI mengambil peran
untuk meningkatkan upaya keberlanjutan lingkungan hidup di lingkungan global melalui UI GreenMetric,”katanya.

UI GreenMetric merupakan pelopor dalam pemeringkatan melalui pengembangan alat ukur kampus hijau yang kini telah banyak diadopsi.