Karang Taruna Pondok Cina Produksi Chemical Pembersih 

DepokNews — Karang Taruna di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji mencetuskan program Social Entrepreneur dengan memproduksi chemical seperti sabun pewangi, pembersih lantai dan produksinya sudah di kirim ke Bengkulu, Sumatera.

Bahkan produk dua pemuda ini menjadi salah satu produk andalan yang dipamerkan oleh Kelurahan Pondok Cina pada kegiatan penilaian kinerja Kelurahan Tingkat Kota Depok.

Salah pemuda Hendra Chaerudin atau yang biasa disapa Hendra Cabe saat ditemui DepokNews di Workshopnya di Gang Al Fuqron mengatakan awalnya dia bersama rekannya Samsu Budiman dari Kuldesak melihat peluang usaha Laundry di wilayahnya cukup banyak.

Melihat prospek tersebut dia bersama rekannya Samsu langsung melakukan langkah untuk memproduksi chemical seperti sabun cuci tangan, semir ban motor dan mobil, sabun pembersih lantai serta produk lainnya.

“Kan di wilayah kami banyak sekali usaha laundry dimana setiap gang ada, melihat kondisi itu kita buka usaha produksi chemical pembersih”katanya.

Dia mengatakan untuk harga produknya dijual dengan relatif yang terjangkau mulai harga Rp 10.000 hingga 100.000 dan harganya relatif dikatakan lebih murah dengan produk lainnya namun memiliki kualitas yang tidak kalah bersaing.

Dibawah bendera Samudera Mitra Perkasa dua pemuda ini terus berkarya mengembangkan usahanya dibidang pembuatan Chemical dimana saat ini sudah ada jenis produk yang siap bahkan dipasarkan ke lapisan masyarakat

“Alhamdulilah rekan kita ada yang pesan produk kami dengan kirim ke Daerah Bengkulu, Sumatera”katanya.

Dia mengatakan pihaknya terus melakukan pemasaran produknya dengan melakukan promosi seperti roadshow sosialisasi pola hidup bersih, cuci tangan ke sejumlah sekolah.

“Kita tidak hanya melakukan usaha atau bisnis saja akan tetapi juga membantu mengkampanyekan Perilaku Hidup Sehat Bersih ke sekolah”katanya.

Diharapkan kedepannya produk yang diproduksi ini bisa bermanfaat oleh masyarakat, dan warga untuk menggunakan produk lokal yang dihasilkan oleh pemuda Pondok Cina itu sendiri.

“Ya kami sih pengennya warga disini, bahkan kantor Kelurahan, sekolah dan pihak swasta lainnya menggunakan produk kita sesuai dengan moto beli produk lokal”katanya.

Dia mengatakan secara internal seorang wirausaha berperan dalam mengurangi tingkat kebergantungan terhadap orang lain, meningkatkan kepercayaan diri, serta meningkatkan daya beli pelakunya.

Secara eksternal, seorang wirausaha berperan dalam menyediakan lapangan kerja bagi para pencari kerja.

Dengan terserapnya tenaga kerja oleh kesempatan kerja yang disediakan oleh seorang wirausaha, tingkat pengangguran secara nasional menjadi berkurang.

Menurunnya tingkat pengangguran berdampak terhadap naiknya pendapatan perkapita dan daya beli masyarakat, serta tumbuhnya perekonomian secara nasional.

Selain itu, berdampak pula terhadap menurunnya tingkat kriminalitas yang biasanya ditimbulkan oleh karena tingginya pengangguran.