Kegiatan Abdimas Dosen Universitas Gunadarma di MTS Al Amanah, Bedahan, Sawangan Periode September – Februari 2024

DepokNews–Pelajaran mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tingkat SMP atau MTs, telah mempelajari penggunaan Microsoft word, Microsoft excel, pengenalan komputer dan pengenalan jaringan komputer. Siswa SMP atau MTs juga telah belajar tentang Ekonomi, seperti pemahaman tentang kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi. Untuk meningkatkan pemahaman siswa khususnya di bidang Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Ekonomi, materi tidak hanya diberikan oleh guru mata pelajaran tersebut, tetapi juga diberikan oleh para pakar sesuai bidangnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan dapat meningkatkan pengetahuan siswa MTs Al Amanah mengenai ketiga bidang tersebut.

Minat siswa terhadap mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Ekonomi sangat tinggi, sehingga perlu penguatan untuk kedua mata pelajaran tersebut. Penyampaian materi yang lebih interaktif dan komunikatif dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kedua mata pelajaran tersebut. Sarana dan prasarana di MTs Al Amanah untuk mendukung mata pelajaran ini sudah ada namun masih harus terus ditingkatkan. Sarana dan prasarana yang terdapat di MTs Al Amanah mayoritas berasal dari hibah para pendonor yang datang ke Yayasan Al Amanah dengan jumlah yang masih terbatas.

Permasalahan utama yang dihadapi oleh MTs Al Amanah adalah kurangnya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang bidang Informatika, Telekomunikasi, dan Ekonomi Komputer. Ketiga bidang ilmu ini merupakan bagian dari dua mata pelajaran yang telah disebutkan sebelumnya. Sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar ketiga bidang tersebut juga masih kurang. MTs Al Amanah hanya memiliki satu laboratorium komputer yang dipakai oleh seluruh siswa yang berjumlah lebih dari 100 siswa. Jumlah PC, laptop dan viewer yang tersedia untuk menunjang proses belajar mengajar di MTs Al Amanah sangat terbatas.

Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihak Yayasan Al Amanah mengajukan permohonan kepada Universitas Gunadarma untuk mengirimkan para dosennya dalam bentuk abdimas di Yayasan Al Amanah untuk periode September 2023 – Februari 2024. Kegiatan abdimas dilakukan dengan memberikan pelatihan bidang Informatika, Telekomunikasi, dan Ekonomi Komputer. Materi pelatihan bidang Informatika meliputi pelatihan pembuatan persentasi yang interaktif, pembuatan logo, pembuatan surat menyurat, dan pembuatan laporan dengan formula menggunakan aplikasi komputer. Materi pelatihan bidang Telekomunikasi meliputi pengenalan jaringan, perangkat jaringan yang umum digunakan dan bagaimana suatu telepon genggam bisa digunakan untuk berkomunikasi. Materi pelatihan bidang Ekonomi Komputer meliputi pemahaman tentang kegiatan ekonomi, fungsi produksi, perhitungan biaya produksi dan harga jual produk menggunakan formula dengan bantuan aplikasi komputer.

Selain memberikan pelatihan, kelompok abdimas di Yayasan Al Amanah pada periode September 2023 – Februari 2024 juga memberikan sumbangan berupa penambahan sarana administrasi, yaitu laptop dan penyimpanan eksternal (portable ssd) di lingkungan Yayasan. Kelompok abdimas dari Universitas Gunadarma ini sudah beberapa tahun memberikan pelatihan, khususnya untuk siswa siswi MTs Al Amanah dan selalu berkontribusi untuk Yayasan Al Amanah terkait keperluan penunjang pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa siswi MTs Al Amanah.