Kemenag Kota Depok Galang Dana untuk Palestina: Aksi Solidaritas di Masjid Balai Kota

DepokNews- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 13.421.500 dalam aksi solidaritas bagi rakyat Palestina. Acara ini digelar di Masjid Balai Kota Depok pada Jumat (17/11/2023) lalu.

Dana donasi yang terkumpul langsung diserahkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Depok untuk selanjutnya dikirimkan langsung ke Palestina. Kepala Kemenag Depok, Enjat Mujiat, menyampaikan bahwa dana donasi yang berhasil dikumpulkan telah diserahkan secara langsung ke Baznas Kota Depok pada Jumat (24/11/2033).

Sebelum melakukan penggalangan dana, aksi solidaritas diawali dengan menggelar Shalat Ghaib di Masjid Balai Kota Depok. Acara kemudian dilanjutkan dengan doa bersama, diikuti oleh jamaah yang hadir.

“Bagi umat Islam, kegiatan ini dimulai dengan melaksanakan shalat gaib dan qunut nazilah, sementara bagi agama lain, dilakukan doa sesuai dengan keyakinan masing-masing,” terang Enjat.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan secara serentak di 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, sesuai arahan dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Aksi ini merupakan bentuk dukungan kepada warga Palestina yang saat ini sedang mengalami krisis kemanusiaan.

“Pada Jumat, 17 November, kegiatan ini dilakukan secara serentak di Jawa Barat (Jabar) sebagai upaya memberikan dukungan kepada warga Palestina. Meskipun tidak seberapa, namun diharapkan dapat meringankan beban mereka yang tengah berduka,” ungkap Enjat.