Kemendagri Beri Hibah Mobil Pemadam Kebakaran dan Mobil Komando Kepada Pemkot Depok

DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan mendapatkan hibah satu unit mobil pemadam kebakaran dan mobil komando. Hibah tersebut diberikan secara simbolis kepada Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).  

“Alhamdulillah, Pemkot Depok dapat dua mobil. Keduanya kita idam-idamkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya usai penyerahan hibah pada acara Hari Ulang Tahun ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (28/02/23).

Bang Imam, sapaannya berharap, kendaraaan tersebut dapat memudahkan pekerjaan petugas Dinas Damkar saat menangani kebakaran. Terutama, di gedung yang tinggi.

“Mudah-mudahan dengan adanya mobil ini masyarakat lebih nyaman. Kita tidak ingin terjadi kebakaran, tetapi jika ada kejadian sudah bisa antisipasi dengan kendaraan ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana menjelaskan, hibah yang diserahkan oleh Kemendagri tersebut merupakan bantuan Pemerintah Jepang. Khusus mobil pemadam, imbuhnya, dilengkapi dengan tangga sepanjang 25 meter sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengatasi kebakaran di gedung yang tinggi.

“Mobil tangga pemadam ini sudah lama kita inginkan untuk mengatasi jika terjadi kebakaran di gedung tinggi,” jelasnya.

Selain itu, ungkap Gandara, kendaraan ini juga akan dimanfaatkan untuk pelatihan bagi petugas Damkar. Sehingga ketika terjadi kebakaran, pihaknya mampu mengatasinya.

“Kami tidak ingin kebakaran terjadi, tetapi tetap harus bersiaga, salah satunya dengan kendaraan ini,” pungkasnya.

Sumber : depok.go.id