Keren! SMPN 2 Depok Digitalisasi Daftar Kehadiran Siswa

Depoknews.id, Depok – Mulai hari ini, 9 Januari 2017 seluruh siswa kelas VII dan VIII di bangku SMP Negeri 2 kota Depok, telah diberlakukan absensi atau daftar kehadiran sekolah dengan metode digital atau elektronik di pintu masuk gedung sekolah.

Daftar kehadiran digital ini diberlakukan setiap masuk dan pulang sekolah, seperti yang telah diinformasikan Sumarno, kepala Sekolah SMPN 2 Depok kepada media, semua murid sebelumya telah dibekali kartu aplikasi.

Absensi elektronik ini ditujukan untuk mempermudah orang tua mengetahui rekapan absen siswa. Orang tua siswa dapat mengetahui absensi anaknya melalui ponsel dan masuk ke sebuah aplikasi yang sudah dibangun sebelumnya.

Menurut dia, seluruh siswa tentunya harus memiliki kartu akses untuk datang dan pulang sekolah sebagai salah satu alat perekaman kehadiran siswa di alat digital tersebut.

“Untuk siswa kelas IX tak diberikan karena dalam waktu dekat sudah berhadapan dengan ujian nasional (UN),” tuturnya.

Sumarno, menambahkan aplikasi android absensi siswa kelas VII dan VIII nantinya selain dapat memperoleh informasi rekapan absensi siswa juga akan dapat menampilkan rekapan nilai hingga informasi atau pengumuman secara langsung kepada orang tua murid dengan cepat.

Bahkan nantinya, orang tua murid tak perlu datang langsung ke sekolah menanyakan masalah absensi atau rekapan nilai tapi dapat melihat dari handphone milik mereka.

Untuk percobaaan absensi digital siswa kelas VII dan VIII SMP N 2 Depok, imbuh dia, pihak sekolah sekarang baru memasang dua alat absensi digital terlebih dahulu dan setelah berjalan dan dievaluasi tentunya akan ditambah lagi.

“Seluruh orang tua murid kelas VII dan VIII sudah diinformasikan dan mendukung penuh kegiatan rekapan absensi maupun nilai secra langsung melalui digital tersebut,” tuturnya.