Kesehatan Prajurit TNI di TMMD Dicek Petugas Kesehatan

DepokNews–Kesehatan anggota TNI yang melakukan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) selalu diperiksa oleh tim petugas kesehatan sebagai langkah mengantisipasi wabah penyakit Virus Covid 19.

“Sebelum mereka melakukan tugasnya di kegiatan TMMD ke 107 ini anggota kami diperiksa dulu oleh petugas medis dari Puskesmas,”kata Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, selaku Dansatgas TMMD Ke-107 Kodim 0508/Depok.

Dia mengatakan prosedur tersebut merupakan arahan dari komando pusat agar prajurit TNI agar tetap mematuhi arahan dalam upaya pencegahan virus Covid 19.

Di lapangan anggota juga diarahkan untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak satu sama lain serta menjaga pola Prilaku Hidup Bersih dan Sehat selama pelaksanaan TMMD.

“Anggota kami juga mendapatkan vitamin dan makanan bergizi sehingga imun atau daya tubuh mereka tetap sehat dan kuat,”katanya.

Sejumlah personel TNI ini melakukan pengecoran jalan, perbaikan saluran air dan rehab Rumah Tidak Layak Huni milik warga tidak mampu di Kecamatan Cilodong.

Jalan yang diperbaiki Jalan H. Amin sepanjang 310 meter, dengan lebar 2,5 meter itu dicor semen setebal 5 cm.

Harapannya setelah selesai nanti hasilnya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi warga.

Lebih lanjut Agus yang ikut terlibat langsung dalam proses pengerjaan itu mengatakan, kegiatan TMMD kali ini selain pengerasan jalan juga melaksanakan pembuatan saluran air (drainase).

Dimana pembuatan saluran air sebagai antisipasi banjir di lingkungan warga

“Selain pengecoran jalan, sasaran fisik juga membuat saluran air dan rehabilitasi rumah tidak layak huni,” lanjut dia.

Kemudian, TNI juga bakal melakukan kegiatan non fisik berupa pemberian penyuluhan kepada warga masyarakat dan para pelajar di beberapa sekolah SMA, SMK dan SMP di wilayah Kecamatan Cilondong, Kota Depok.

“Bentuknya bisa berupa belajar ngaji, belajar membaca dan wawasan kebangsaan, yang itu semua akan dibimbing oleh jajaran TNI.”

Nurdin warga di RW 02 Kelurahan Jatimulya, Kecamatan

Cilodong menambahkan
perbaikan drainase yang dilakukan TNI dapat mengurangi banjir disini.

Nantinya air hujan yang jatuh di Jalan Muhadi akan mengalir ke drainase yang sudah dilebarkan dan diperdalam.

Menurut dia, nantinya air yang berasal dari perumahan dan jalan akan tertampung di saluran air dan langsung mengarah ke pembuangan air di bawah jembatan. Selanjutnya air tersebut langsung di buang ke Kali jati.

Sebelumnya, setiap hujan pasti banjir karena saluran airnya kecil dan tidak dapat menampung air.

Banjir disini bisa mencapai setengah meter atau selutut orang dewasa.

Karena itu, dia bersama warga mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah memilih lingkungannya menjadi sasaran kegiatan fisik TMMD Ke-107.

“Alhamdulillah, drainase ini diperbaiki juga. Semoga dapat mengurangi banjir,”katanya.