H. Moh. Hafid Nasir, Dipl. Ing.

Oleh : Ketua Fraksi PKS DPRD Depok H. Moh. Hafid Nasir, Dipl. Ing.

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan, bulan dimana ibadah yang kita lakukan karena Allah SWT akan dilipat gandakan pahalanya.

Biasanya setiap dari kita memiliki target ibadah yang ingin dicapai ketika bulan Ramadhan, salah satunya membaca al quran, bahkan tidak sedikit dari kita yang menargetkan khatam membaca al quran beberapa kali selama bulan Ramadhan.

Bulan suci Ramadhan biasa disebut juga dengan Syahrul Qur’an atau bulannya al-qur’an karena di bulan yang mulia ini kitab suci umat muslim diturunkan oleh Allah SWT kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam firman Allah SWT :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ -1

Artinya: Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). (QS. Al Baqarah: 185).

Seperti yang telah dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW kepada umatnya amalan sunnah ketika bulan suci Ramadhan salah satunya adalah membaca al-qur’an. Perlu diketahui bahwasanya al-qur’an pertama kali diturunkan pada bulan suci Ramadhan.

Dari banyak keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan yang diperoleh oleh umat muslim yaitu selain dilipat gandakan pahalanya, Al-Qur’an juga dapat menjadi safa’at di yaumul akhir kelak. Bahkan ketika umat muslim itu membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata pun juga mendapatkan pahala dan dilipatkan sebanyak 10x setiap hurufnya.

Rasulullah SAW bersabda:
كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ -3

“Amal setiap orang balasannya dilipatgandakan, setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali. Berfirman Allah SWT: “Kecuali puasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang langsung membalasnya, karena ia (orang yang berpuasa) telah meninggalkan syahwat, makan, dan minumnya semata-mata untuk beribadah pada-Ku. Bagi orang yang berpuasa memperoleh dua kebahagiaan, (1) kebahagiaan ketika ia berbuka dan (2) kebahagiaan ketika ia berjumpa dengan Tuhannya. Sesungguhnya aroma mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari parfum misk (kasturi)”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 6938 dan Muslim: 1945).

Telah disebutkan dalam hadist diatas bahwasanya siapa saja yang membaca satu huruf Al-Qur’an, maka baginya satu kebaikan, kemudian satu kebaikan itu akan dilipat gandakan sebanyak 10x lipat. Untuk itu perbanyaklah kita untuk membaca Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan, agar ramadhan kali ini, menjadi ramadhan yang terbaik untuk kita semua.