Kolaborasi Karsa Bhakti dan Biman Foundation dalam Talkshow Pendidikan Inspiratif

DepokNews– Berdasarkan data dari Kemendagri pada tahun 2022 hanya 4,5% dari total penduduk Indonesia atau sekitar 12,44 juta jiwa yang dapat menempuh pendidikan sarjana. Oleh karena itu, Biman Foundation bersama Karsa Bhakti Foundation mengambil peran untuk memfasilitasi pelajar dalam bentuk kegiatan talkshow dengan tema semangat melanjutkan pendidikan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Oktober 2023 di Aula Serbaguna Kantor Kecamatan Pancoran Mas Depok. Talkshow dihadiri oleh 100 peserta dari pelajar SMP dan SMA serta beberapa wali siswa juga ikut serta.

Dimulai dengan sambutan dari Dr. Bagus Aryo selaku ketua harian Biman Foundation, dilanjutkan oleh Eni Prihatini selaku Kepala Seksi Pelayanan dan Kemasyarakatan Kecamatan Pancoran Mas Depok, dan Ilman Dzikri selaku Co-Founder Karsa Bhakti Foundation. Tidak hanya berupa talkshow, penyelenggara memberikan langkah konkrit dalam mendukung pelajar melanjutkan pendidikan yaitu dengan memberikan beasiswa berupa bantuan dana pendidikan hingga lulus SMA kepada 69 pelajar SMP dan SMA melalui program Beasiswa Karsa Dana. Tidak hanya itu, ada pula program bimbingan belajar intensif yang diberikan kepada 28 peserta terpilih yang akan dilaksanakan selama 5 bulan dengan program BIDIK (Biman Mengajar x Karsa Didik). Kedua program tersebut diresmikan secara bersamaan dalam pelaksanaan talkshow.

Talkshow dibagi ke dalam dua sesi, sesi pertama oleh Ilman Dzikri, atau yang akrab disapa dengan Kang Ilman. Ia mengisahkan perjalanan dan perjuangan panjangnya hingga bisa mengenyam pendidikan magister di kampus terbaik di Inggris yaitu University of Cambridge. Kang Ilman dilahirkan oleh Bunda yang berasal dari keluarga sangat sederhana di kaki Gunung Galunggung. Meski demikian, hal tersebut tidak menyurutkan semangat dan keinginan Kang Ilman. Ia meraih banyak prestasi akademik selama berkuliah hingga mendapat beasiswa LPDP untuk melanjutkan pendidikan magister di University of Cambridge. Sesi kedua diisi dengan sharing session awardee beasiswa karsa dana yaitu Amanda Puteri dan Ramdani Eka yang memberikan gambaran kepada semua peserta bahwa selalu ada jalan bagi yang punya tekad dan semangat dalam menempuh pendidikan yang lebih baik.

Talkshow berlangsung dengan baik dan peserta yang antusias, aktif bertanya kepada pembicara. Semoga langkah kecil yang diupayakan oleh Biman Foundation dan Karsa Bhakti Foundation menjadi salah satu hal yang mendukung pelajar untuk meraih pendidikan tinggi dan mimpi besar dalam meraih kesuksesan.