Komunitas Indonesia Islamic Business Forum (IIBF ) Kota Depok Gelar Halal Bihalal

DepokNews–Senin, 6 Syawal 1445H, bertepatan dengan tanggal 15 April 2024  Tak kurang dari 25 orang pengusaha yang tergabung dalam komuniytas (Indonesia Islamic Business Forum (IIBF ) kota Depok berkumpul di Pondok Pesantren Universe Limo Depok, IIBF Kota Depok menggelarkan kegiatan Halal bi Halal/Silaturahim. Acara dibuka oleh MC, Wardi.AD. selaku  Sekjen . dan di lanjutkan Sambutan dari Pembina IIBF Kota Depok, Bapak H.Acep Al Azhari (baca: Jiacep) beliau menyampaikan tiga ( 2 hal) , Pertama Pentingnya bersedekah memberi makan orang lain, beliau bercerita dalam perjalanan spiritual berhaji, saat itu beliau bertugas selaku ketua rombongan.., di sampaikan ,” Salah satu indikator mabrurnya ibadah Haji,..adalah dengan mudahnya memberi makan orang lain.” Kedua beliau menyampaikan, penting bersilaturahim, dalam sebuah penelitian disampaikan ,” orang harus menghilangkan kesendirian, sehingga hidupnya lebih panjang. Ini sesuai dengan ajaran nabi Muhammad SAW, “ Siapa yang hendak dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung tali silaturahim.”

Di kesempatan acara ini juga di isi sesi materi, yang disampaikan oleh Bapak Galih Pandekar selaku Ketua IIBF Kota Depok.  Bapak Galih membawakan materi berjudul

Capital Unlimited. (Modal tak terbatas)

Di mulai dengan menyampaikan 4F+1 P sumber pendanaan:

  1. Founder (Pendiri bisnis): merupakan pendanaan dari pemilik bisnis sendiri selaku owner
  2. Family (Saudara) , sumber pendanaan dari saudara, suami, istri, orang tua/mertua
  3. Friend (Teman), sumber pendanaan bisnis/usaha yang ketiga dari friend atau teman
  4. Fools, orang yang punya dana tetapi tidak memiliki bisnis dana tau tidak mengerti bisnis

Di samping empat 4F sumber dana di atas, ada 1P lagi yang biasa disebut Profesional /Angel Investor. Beliau memperingatkan biasanya investor professional meminta imbal balik bagi hasil yang lebih besar dari 4F. jadi beliau menyarankan untuk berbaik hati, menjaga hubungan silaturahim khususnya dengan saudara.

Di Sesi materi ini juga beliau meyampaikan 3 hal yang biasanya ditanyakan oleh Investor yang akan memberikan dananya;

  1. Apakah bisnis yang ditawarkan memberikan imbal balik yang menguntungkan investor?
  2. Apakah Anda selaku yang menjalani bisnis dapat dipercaya untuk menjalani bisnis?
  3. Apakah Anda sudah mengukur tingkat resiko bisnis?

Disini Pak Galih menekankan bahwa ‘karakter’ ini sangat penting dan factor yang sangat menentukan kepercayaan investor. Di samping itu biasanya investor/pendana akan melihat; apakah bisnis/jasa ini ada permintaanya, apakah pelaku bisnis/usaha memiliki track recprd yang baik, Apakah bisnis yang akan dijalani tidak ada pesaing?, Apakah pengembalian bagi hasilnya bisa di ukur. Jadi menurut pengalaman Pak Galih yang perusahaannya sudah melantai di bursa saham, penting menjaga karakter pengusaha untuk menjaga kepercayaan, dan banyak silaturahim produktif (membangun jaringan). Akhirnya acara di tutup dengan do’a oleh Pak Haji Misnan dan dilanjutkan dengan ramah tamah, makan siang yang disiapkan oleh tuan rumah. Semoga acara ini samkin menjalin persaudaraan sesama pengusaha IIBF Kota Depok. Amin (WAD_150424)