DepokNews–Kreatifitas pengurus dan anggota Karang Taruna (KATAR) RW.16 Kelurahan Beji Kecamatan Beji Kota Depok ini patut dicontoh. Dengan kesungguhan dan keuletannya mmbuka usaha dengan membudidayakan lele seklaigus mengolahnya menjadi lele bumbu yang punya nilai ekonomis lebih tinggi.

“Alhamdulillah setelah lebih dari 6 bulan, Teman-teman Karang Taruna di RW 16 Beji Depok, sudah bisa panen lele sebanyak tiga klai, panen dalam 2 bulan sekali,” kata Ketua Karang Taruna RW.16 Beji Gusti Faisal Suprana Putra, Ahad (24/10/2021).

Dijelaskan Gusti Faisal, dari yang tadinya satu kolam,sekarang sudah ada 4 kolam. Dan rencananya mulai bulan depan-Bulan November 2021 akan panen sebulan sekali.

“Sambil menunggu panen,tiap pekan, kami membeli lele dari peternak lain.Lalu lelenya dibersihkan dan dibumbu serta di bungkus dengan merek Lele Bumbu,” tambah Gusti Faisal.

Sedangkan Armansyah fauzi, salah satu anggota Karang Taruna RW.16 yang aktif dalam kegiatan budidaya lelel ini, menjelaskan, kegiatan budidaya lele dilakukan bersama teman-temannta dengan penuh semangat.

“Kami makin bersemangat dalam budidaya lele ini karena dengan membeli hanya 10 Kg saja yang total biayanya sebesar 200 ribu kami bisa jual sebanyak 20 bungkus dengan total omzet 500 ribu. Sehingga kami bisa dapat margin kotor 300 ribu tiap hari Ahad,” kata Armansyah fauzi.

Dijelaskan Armansyah fauzi, ternak Lele ini tidak bisa berjalan sendiri. Di awal kegiatannya membutuhkan modal. Modalnya sebagian berasal dari sedekah Jumat. Bahkan untuk dua kali panen,hasil panennya sebagian besar dibeli oleh para donatur dan kemudian dibagikan gratis ke warga sekitar.

“Dan Alhamdulillah,ada juga warga yang bersemangat membeli hasil panen lele hasil panen untuk dikonsumsi sendiri,” tambah Armansyah fauzi.

Sekarang ini, usaha ternak lele ini masih berlanjut.Kegagalan dan kerugian, dihadapi setiap panen. Untuk itu anggota Karang Taruna RW.16 Beji terusberinovasi dengan lele bumbu ditiap pekan, agar bisa memperoleh keuntungan dan menutup kerugian yang akan terjadi saat panen.

“Mohon doa teman teman,semoga inovasi kecil temen-temen Katar RW16 Beji bisa berkembang dan berkah. Aamin,” pungkas Armansyah fauzi.