Kuatkan Interaksi dengan Alquran, Pegawai SIT Nurul Fikri Ikut Sahabat Quran

DepokNews– Ramadhan adalah bulan permulaan Al-Qur’an diturunkan. Terdapat amalan penting yang dilakukan pada bulan Ramadhan, yaitu interaksi dengan Al-Qur’an. Untuk menguatkan interaksi Al-Qur’an selama di Ramadhan, SIT Nurul Fikri, menerapkan program Sahabat Quran atau SQ setiap tahunnya.

Sahabat Quran kali ini menargetkan para pegawainya untuk menghafal surat Ar-Rahman sementara tahun lalu fokus pada surat Al-Kahfi. Konsep kegiatan SQ ialah mengadakan lima kali pertemuan dengan musyrif atau musyrifah.

“Pegawai dibagi menjadi 41 kelompok (5-8 orang) dengan satu Musyrif/Musyrifah (fasilitator). Selain menghafal peserta juga diberikan materi pemahaman tajwid & tafhim (kandungan) surat Ar-Rahman,” terang Kepala Biro P2K SDMO SIT Nurul Fikri, Fahmi Irvansyah.

Menurut Fahmi, kegiatan ini selain memfasilitasi pegawai berinteraksi dengan Al-Qur’an selama di bulan Ramadhan juga untuk meraih keberkahan Ramadhan dari berinteraksi dengan Al-Qur’an secara terbimbing serta menambah hafalan dan pemahaman ayat-ayat Al-Qur’an untuk pegawai SIT Nurul Fikri.

“Bulan Ramadhan sebagai Syahrul Quran menjadi sarana atau memfasilitasi pegawai SIT Nurul Fikri untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an dalam rangka memperbagus bacaan atau menambah hafalan surat atau ayat-ayat tertentu,” lanjut Fahmi.

Sahabat Quran dilaksanakan dua kali sepekan setiap Senin dan Kamis, yakni tanggal 14, 18, 21, 25 Maret 2024 pukul 13.00-14.00. Puncak SQ digelar hari ini, Kamis, 28 Maret 2024 akan diadakan tasmi’, kajian tafhim, Evaluasi dan ditutup dengan ifthar jama’i di masjid Imamul Muttaqin.