DepokNews, Bandung – Anggota Komisi VIII DPR Ri, Hj. Nur Azizah Tamhid, B.A., M.A, kunjungi Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Propinsi Jawa Barat. Bersama 15 Anggota Komisi VIII yang lainnya, Nur Azizah melakukan kunjungan kerja untuk mengecek kesiapan penyelenggaraan haji 1443 H/2022 M. Nur Azizah menyampaikan, kesiapan embarkasi harus terus dipantau, dan dipastikan saat ini sudah aman mengingat kurang dari dua pekan lagi akan menerima calon Jemaah haji.

Nur Azizah berharap agar calon Jemaah haji dapat terfasilitasi dengan baik, sehingga dapat menjalani ibadah haji dengan tenang. Hal itu disampaikan Nur Azizah dalam forum diskusi Anggota Komisi VIII DPR RI bersama Jajaran pimpinan Kanwil Kemenag Jabar pada Selasa (24/5) di Aula Kanwil Kemenag Jabar, Kota Bandung,

“Karena Sembilan hari lagi ini sudah mulai menerima calon jamaah, yang diharapkan kondisi asrama haji, kondisi embarkasi sebagaimana sudah disampaikan oleh pimpinan tadi, segala fasilitas yang ada baik itu tempat tidurnya, kasurnya dan yang lainnya diharapkan kondusif untuk Jemaah haji”, jelas Nur Azizah.

Jawa Barat merupakan provinsi dengan pengirim calon jemaah haji terbesar di Indonesia. Tak kurang dari 17 ribu jemaah akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Nur Azizah menegaskan, persiapan harus matang.

“Sebagaimana telah dipaparkan oleh Pak Ace, Jawa Barat adalah provinsi pengirim jemaah haji terbanyak se-Indonesia. Dengan persentase jemaah yang lebih besar dibandingkan dengan provinsi lain, maka perlu perhatian khusus dalam segala aspek persiapannya, apalagi sudah 2 tahun Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji dikarenakan pandemi”, terangnya.

Sementara itu, Ajam Mustajam, Kepala Kanwil Kemenag menyebutkan, Provinsi Jawa Barat tahun ini akan memberangkatkan 17.566 jemaah haji. Kelompok Terbang (Kloter) Pertama akan masuk asrama haji pada 3 Juni 2022 dan terbang ke Arab Saudi pada 4 Juni 2022.

“Embarkasi Jawa Barat siap memberangkatkan 17.566 jamaah dengan 176 petugas kloter dan 113 petugas daerah,” terang Ajam Mustajam saat menerima kunjungan kerja Komisi VIII DPR RI.

Kesiapan ini di dukung juga oleh gedung Asrama Haji Bekasi yang siap melayani 44 Kloter. Setiap kloter terdiri atas 410 jemaah. “Sebagai upaya persiapan, Kanwil Kemenag Jawa Barat sudah melakukan konsolidasi dan koordinasi proses pemberangkatan dan kedatangan jemaah dengan Pemerintah Provinsi”, Ajam Menambahkan.

Nur Azizah mengapresiasi kesiapan pemberangkatan yang dinilai Sudah cukup baik. Ia berharap dengan persiapan yang matang ini, bisa mengantarkan para calon jamaah haji Indonesia menjadi haji yang mabrur.

“Komisi VIII terus memantau sejumlah kesiapan dari mulai pemberangkatan, pemondokan, transportasi dan katering serta kepulangan guna kenyamanan jamaah. Semoga para calon jamaah haji Indonesia yang Insya Allah sebentar lagi akan berangkat dapat terfasilitasi dengan baik dan menjadi haji yang mabrur”, pungkas Nur Azizah.

Previous articleKelurahan Tanah Baru Gelar Gebyar Sedekah Sampah
Next articleHadapi Musim Kemarau, PDAM Depok Jamin Stok Air Bersih Aman