Lahirnya Srikandi Gunungkidul, Satu-Satunya Perempuan Sebagai Ketua IKG Korwil Nglipar

Liputan: Ali Sunarwan, S.A.B

(Tangerang, Depok News)
IKG (Ikatan Keluarga Gunungkidul) adalah Sebuah Organisasi wadah tempat berkumpulnya masyarakat Asli asal daerah Kabupaten Gunungkidul yang ada di wilayah JABODETABEK, IKG Berdiri tahun 1970 hingga saat ini. Masyarakat Asal daerah Gunungkidul saat ini  sekitar 500.000 tersebar se Jabodetabek dengan latar belakang profesi dan mata pencaharian yang berbeda-beda. mereka bersatu dalam berguyub rukun di daerah perantauan dan berkumpul dalam Organisasi dengan Adem Ayem saling hidup berdampingan saling menghormati, menghargai satu sama lainya dan bergotong royong hidup diperantauan.

Dan seiring perkembangan zaman IKG Korkap (Koordinator Kapanewon /Kecamatan) Nglipar pada saat sekarang ini Genap berusia 5 Tahun berdirinya IKG Tersebut, pada Hari Minggu, 2 Juli 2023 di Gedung Silungkang, Larangan Indah, Ciledug, Tanggerang Menggelar Acara HUT Milad 5 IKG Nglipar serta Pengukuhan Pengurus Baru Masa bakti 2023-2028.

Dalam kepengurusan baru tersebut IKG Korkap Nglipar melaksanakan pemilihan pengurus dengan Azas Luber Dan Jurdil pada Minggu : 7 Mei 2023 Di Gedung Logistik Deplu Tanggerang, yang di ikuti Oleh 7 Pengurus Kordes (Koordinator Desa) Kedungkeris, Natah, Nglipar, Katongan, Pilang Rejo, Pengkol, dan Kedungpoh.

Dari Prosesi Pemilihan Pengurus Tersebut terpilih Nama Bening Mujiyanti Rahayu, S.Sos, Msi dari Natah menggantikan ketua lama Sumarlan dari Pilangrejo.

Bening Mujiyanti Rahayu beliau adalah seorang praktisi Pendidikan sebagai Pembina Yayasan Marga Luhur di tanggerang yang memiliki SMK dan Perguruan tinggi.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum IKG Pusat Edi Sukirman, SE, MM mengatakan : “Hari ini saya melantik Adik-adik saya pengurus IKG Korkap Nglipar,yang dipimpin oleh ketua baru Ibu Bening, ini perdana satu-satunya wanita yang menjadi ketua IKG Korkap atau Korwil seluruh Korkap se Gunungkidul, ini merupakan Srikandi muda sebagai Aset SDM yang akan membawa IKG semakin dikenal dan dicinta oleh masyarakat Gunungkidul di Jabodetabek tanpa membedakan status pria Wanita bisa menjadi pemimpin” ungkapnya.

Dalam wawancara Bening Mujiyanti Rahayu Ketua Baru mengatakan “ Akan Bekerjasama dengan Stekeholder yang ada, memajukan UMKM baik di desa asal maupun Anggota IKG diperantauan Khususnya IKG Nglipar dan masyarakat Gunungkidul pada umumnya”.

Materi Acara dalam kesempatan tersebut selain Milad ke 5 diadakan Serah Terima dari pengurus lama ke pengurus baru, serta pengukuhan pengurus baru oleh BPH (Badan Pengurus Harian) IKG Pusat, serta Acara di tandai dengan pemotongan tumpeng sebagaia rasa syukur kepada Tuhan YME setelah sekian lamanya dalam lima tahun dilalui melalui IKG Korkap Nglipar hingga saat ini bisa Hidup Guyub Rukun diperantauan dengan adem Ayem dan kebersamaan dalam membina Organisasi.

Acara Juga dimeriahkan dengan Reyog Sosro wono, Campursari Cahyo Mudho dan Tari Bambangan Cakil. Takkurang dari 650 Orang, hadir dalam acara tersebut, Perwakilan Korkap dari 18 Kapanewon , Perwakilan Korwil Yang ada di IKG serta anggota 7 Kordes di Kapanewon Nglipar, Para pengunjung mereka larut dalam kemeriahaan dan sukacita dengan harapan pengurus baru membawa harapan baru untuk masyarakat IKG Khususnya kapanewon Nglipar bisa semakin Guyub Rukun dan bergotong royong diperantauan jabodetabek.