Launching Program Pemberdayaan Masyarakat di Rumah Belajar Cahaya Ilmu Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok

Cuaca Mendung di sekitar Kampung Rawa Denok bergeliat dengan program Pemberdayaan Masyarakat di Kantor Yayasan Rumah Belajar Cahaya Ilmu RT 003 RW 002 Kelurahan Rangkapan Jaya, Pancoran Mas. Ya, hari itu, Senin 19 Desember 2022 sekira pukul 13.00 – 15.00 berlangsung launching Program Pemberdayaan Masyarakat hasil kerjasama Yayasan Rumah Belajar Cahaya Ilmu dengan Yayasan Zakat Sukses.

Hadir dalam acara launching tersebut, yaitu Ketua Yayasan Rumah Belajar Cahaya Ilmu, Dr. Engkur, S.IP., ME, Ketua RT 003/002 Bapak Hidayat, penerima bea siswa, pelaku UMKM, guru-guru Yayasan serta Bapak Abdullah mewakili Yayasan Zakat Sukses.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Rumah Belajar Cahaya Ilmu, Dr. Engkur, S.IP.,ME menjelaskan tentang visi dan misi yayasan yang dipimpinnya. Diawali jenjang pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), berlanjut ke pendidikan yang lebih tinggi. “Dalam misi ke depan, insyaa Allah bisa melahirkan pemimpin bangsa dari sekolah yang didirikan ini. Program kelompok usaha wanita juga tak luput dalam program pemberdayaan masyarakat yang menjadi bidikan yayasan ini. Program ini menjadi unggulan mengingat kondisi ekonomi saat ini yang membutuhkan kaum hawa menjadi penopang ekonomi keluarga. Program lainnya di yayasan ini adalah berdirinya koperasi syariah. Harapannya ini bisa menjadi roda ekonomi internal anggota yang menjadi pendukung besarnya Yayasan ini,” imbuhnya.

Senada dengan itu, tokoh masyarakat setempat (Ketua RT 003 RW 002), Bapak Hidayat, mengapresiasi langkah dari Ketua Yayasan Rumah Belajar Cahaya Ilmu. Menurut beliau, persoalan yang timbul dari gaya hidup saat ini butuh pencerahan antara kebutuhan dan keinginan agar disesuaikan. Tak lupa beliau mengucapkan terimakasih atas kegiatan ini.

Bapak Abdullah, Perwakilan Yayasan Zakat Sukses, menjelaskan lembaga yang menjadi tempat bernaungnya, antara lain tentang potensi zakat yang sangat besar jika dikelola dengan baik.

Masyarakat yang hadir sangat merasakan program pemberdayaan masyarakat dengan bimbingan supaya dapat mengatasi hambatan dalam berusaha. Selain itu, . hal yang tak luput dari program yayasan, yaitu program untuk para pendidik di Yayasan Rumah Belajar Cahaya Ilmu. Caranya dengan mengscale up keahlian/skill para guru lewat program sertifikasi. Tujuannya agar metode dan kemampuan pendidik lebih baik. Acara yang diiringi hujan itu tetap hangat dengan tanya jawab dari yang hadir.

Depok, 19 Desember 2022

H.Nasrul
Pegiat Sosial Kemasyarakatan