Layanan Toko Online dan Pusat Data UMKM Menjadi Prioritas DKUM

DepokNews – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok akan terus menggembangkan pelayanan unggulan DKUM terhapa UMKM

Kepala DKUM M Fitriawan mengatakan dari layanan terhadap UMKM tersebut terdapat empat yang akan dicanangkan.

Pertama, jaringan usaha koperasi di bidang perdagangan. Prinsip layanan ini adalah kolaborasi antarkoperasi, yaitu koperasi besar dapat membantu koperasi yang lebih kecil untuk mengembangkan usahanya.

“Lalu yang kedua ada layanan klinik bisnis. Layanan ini sebagai media untuk mendampingin maupun merancang usaha pelaku UMKM di Kota Depok,” ujar , Kamis (18/02/21).

Kemudian yang ketiga ada layanan toko online. Dikatakannya, pada era digital seperti saat ini, para pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan media online untuk memasarkan produknya.

Lanjutnya, terakhir adalah pusat data UMKM. Selain berfungsi untuk database, juga diharapkan sebagai bahan evaluasi terhadap perkembangan usaha dari masing-masing pelaku UMKM.

“Dengan pusat data ini diharapkan dapat diketahui perkembangan kondisi UMKM secara aktual,” pungkasnya.