Lebaran Depok Bawa Berkah, Omzet Pedagang Sampai Puluhan Juta

DepokNews – Perhelatan Lebaran Depok tahun 2023 yang digelar selama empat hari sejak 17-20 Mei di Perumahan Candi at Sawangan, mendatangkan banyak berkah bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Selama empat hari berjualan, omzet mereka meningkat drastis hingga puluhan juta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Yana Sutiana, salah satu pelaku UMKM yang menjajakan produknya di Lebaran Depok. Berdagang batu akik, dia mengaku bisa mengantongi omzet senilai Rp 10 juta.

“Alhamdulillah, peminat batu akik maupun batu permata masih dapat diperhitungkan, khususnya bagi kolektor. Selama acara Lebaran Depok berlangsung, kami bisa mengantongi kurang lebih Rp 10 juta, belum sama hari ini,” ujar pengusaha batu akik Yana Sutiana, pada acara Lebaran Depok 2023 di Perumahan Candi at Sawangan, Bojongsari, Sabtu (20/05/23).

Pria yang tergabung dalam Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD) tersebut menjelaskan, beberapa dagangan yang dijajakan seperti cincin, gelang, liontin, bahan batu, pipa rokok dan lain-lain. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 10 juta.

“Saya ikut pameran sudah 12 tahun dan ini usaha turun temurun. Saya berharap, Pemkot Depok bisa lebih merangkul pelaku usaha, khususnya komunitas batu pandan dari Betawi,” tuturnya.

Sementara itu, pelaku UMKM dari Kelurahan, Ratujaya Rusmiati mengatakan, selama tiga hari kemarin, omzet yang didapat yaitu sekitar Rp 8 juta dari hasil penjualan craft, kuliner dan fashion. Dagangan yang menjadi primadona adalah mainan/pajangan ondel-ondel.

“Kalau pedagang lain jual ondel-ondel hanya sepasang, ondel-ondel yang saya buat ada anaknya. Jadi dengan harga Rp 35 ribu, pengunjung bisa membawa pulang 3 ondel-ondel, ini laku keras. Saya sudah buat 50 paket ondel-ondel dan habis,” paparnya.

“Mudah-mudahan UMKM seperti kami bisa terus diberi fasilitas untuk berkarya dan berdaya saing. Lebaran Depok membawa berkah untuk kita semua,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id