Depok News

Libatkan 300 Orang, KPU Depok Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024

DepokNews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok mulai melakukan proses sortir dan lipat (sorlip) surat suara untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sorlip dilakukan di Gudang Logistik KPU Kota Depok, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin mengatakan proses sorlip yang saat ini dilakukan merupakan bagian untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024. Dikatakannya, proses ini akan dilaksanakan hingga tujuh hari kedepan dengan dua shift pengerjaan untuk sorlip surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Untuk penyortiran pertama ini kita ada dua shift, pertama 150 orang dan yang kedua juga 150 orang, jadi totalnya ada 300 orang. Untuk jumlah surat suara yang dilipat ini pertama DPD jumlahnya ada 1.423.760 lembar,” katanya, Rabu (10/01/24).

Sementara ini, sorlip dilakukan untuk empat surat suara yaitu DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota. Sedangkan untuk surat suara Presiden dan Wakil Presiden baru akan datang Kamis (11/01) ke Gudang Logistik KPU Depok.

“Untuk mengurangi space yang ada di gudang ini, nanti masih ada beberapa bilik surat suara kita geser ke kecamatan. Targetnya kita selesai dalam waktu tujuh hari,” ujarnya.

Honor yang diberikan untuk mereka yang bertugas melakukan sorlip surat suara DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota senilai Rp500 per lembar. Sedangkan untuk surat suara Presiden dan Wakil Presiden senilai Rp350 per lembar.

“Dibagi 2 shift, kalau idealnya (kerja melakukan sortir dan lipat) 8 jam dari pukul 08.00 sampai 16.00 atau 17.00 WIB,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id

Exit mobile version