DepokNews – Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta meluncurkan kegiatan Pentahelix SIGAP SEHATI melalui pemberdayaan masyarakat berbasis pelatihan kesehatan terintegrasi kepada kader posyandu kelurahan Tugu. Untuk mensukseskan kegiatan ini, FIKES UPN “Veteran” Jakarta menggandeng Rumah Sakit Bhayangkara Brimob Depok.

Dekan FIKES UPN “Veteran” Jakarta Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS dalam sambutannya menyampaikan bahwa “PENTAHELIX SIGAP SEHATI merupakan program yang diinisiasi oleh FIKES UPN Veteran Jakarta dengan melibatkan lima unsur meliputi pemerintah, akademisi, media, komunitas dan pengusaha.”

Camat Kecamatan Cimanggis Drs. Dody Setiawan, MSi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut berharap kehadiran FIKES UPN “Veteran” Jakarta dengan program PENTAHELIX SIGAP SEHATI berhasil menangani kasus stunting.

“Kehadiran FIKES UPN Veteran Jakarta dengan program PENTAHELIX SIGAP SEHATI yang melibatkan kader posyandu se-kelurahan Tugu semoga dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting,” ujar Camat Cimanggis.

Kegiatan “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pelatihan Kesehatan Terintegrasi Kepada Kader Posyandu Kelurahan Tugu dan Diseminasi Hasil Program” dilaksanakan langsung di RS Bhayangkara Brimob pada hari Senin (28/11/22) dan mendapat dukungan penuh dari pihak RS Bhayangkara Brimob.

“PENTAHELIX SIGAP SEHATI adalah sebuah terobosan inovasi. Kita bekerjasama sebagai anak bangsa yang ingin berperan aktif untuk menyelesaikan berbagai masalah kesehatan di masyarakat dengan cara pemberdayaan masyarakat,” ujar Kompol dr. Arinando selaku Wakil Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Brimob.

Kompol dr. Arinando menuturkan, untuk mensukseskan kegiatan ini, RS Bhayangkara Brimob menurunkan hampir semua personilnya, “Hampir semua personil di RS Bhayangkara Brimob terlibat dalam acara ini, mulai dari instruktur dari RS Bhayangkara Brimob,” jelasnya.

Dukungan serupa juga dilontarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok dr. Mary Liziawati, dirinya memberikan apresiasi kepada FIKES UPN “Veteran” Jakarta.

“Semoga kegiatan yang berbasis kolaborasi di bidang kesehatan ini dapat membantu pencegahan dan penanganan stunting di Kota Depok,” ujarnya.

“Melalui pemberdayaan kader posyandu se-kelurahan Tugu diharapkan dapat menjadi langkah awal keberadaan FIKES UPNVJ dirasakan kebermanfaatannya di tengah-tengah masyarakat,” jelas Taufik Maryusman, S.Gz selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FIKES UPN “Veteran” Jakarta.

Kegiatan diikuti oleh 380 kader kelurahan Tugu yang kemudian dibagi kedalam beberapa kelompok. Setiap kelompok diberi waktu 20 menit untuk mendapatkan edukasi kesehatan, terdapat 8 pos dengan tema yang berbeda. Pos 1 bertema monofilamen dan senam kaki, pos 2 bertema antropometri balita dan deteksi dini tumbang, po 3 bertema penangan cedera, pos 4 bertema tanaman obat keluarga dan kreasi menu, pos 5 bertema periksa payudara sendiri, pos 6 bertema sanitasi total berbasis masyarakat, pos 7 bertema kesehatan lansia dan deteksi dini stroke, dan pos 8 bertema kespro dan kia.

“Acara ini sangat bagus, para kader dapat mendapatkan banyak pengetahuan mulai dari lansia, kesehatan anak balita sampai ada kreasi menu sampai ke pencegahan stroke. Harapannya kader dapat menerapkan apa yang sudah didapat ke masyarakat,” kata Hannatia Larasati dari puskesmas Tugu.

Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan, pasalnya kegiatan dilaksanakan di tiga aula sehingga tidak ada penumpukan massa dan lebih efektif. Para instruktur setiap pos pun memberikan materi dengan baik, setiap pos diisi oleh pihak RS Bhayangkara Brimob dan pihak UPN “Veteran” Jakarta. Setelah mendapatkan materi para peserta diminta untuk mengisi kuesioner untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan.

“Kegiatan ini sangat positif. Harapannya para kader dapat menerapkan ilmu yang disampaikan dengan baik,” ujar Ami salah satu peserta.

Hal senada juga disampaikan oleh peserta lainnya, “Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk diri kita sendiri dan juga masyarakat apalagi sebagai kader yang bertugas untuk mengabdi kepada masyarakat,” pungkas Hartuti.

Previous articleMahasiwa UPN Veteran Jakarta Gelar Webinar Bahaya Pinjol Bagi Generasi Z
Next articleP2MD HIMADIKA Gelar Berbagai Kegiatan Guna Tekan Tingkat Prevalensi Kasus Gizi Kurang di Kelurahan Gandul Depok