Mahasiswa Gunadarma Temukan Metode Penelitian Beton Segar Secara Cepat

Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM memberikan ucapan selamat kepada Relly Andayani yang baru meraih gelar Doktor IT

DepokNews — Relly Andayani, mahasiwa Universitas Gunadarma berhasil membuat terobosan yang revolusioner dalam penelitian untuk mengetahui kualitas beton secara cepat. Untuk mengetahui kualitas atau daya tekan beton terhadap beban, Relly  Andayani cukup menggunakan citra atau foto dari beton segar kemudian dianalisa melalui software lima kemudia sudah diketahui kualitas atau daya tekan beton yang akan dibangun atau dicor.

Doktor Relly Andayani bersama keluarga dan kerabat

“Biasanya untuk mengetahui kualitas atau daya tekan beton dilakukan pada beton matang sehingga perlu waktu lebih lama untuk mengetahui hasilnya, namun dengan metode yang kami lakukan ini penelitian bisa dilakukan pada beton segar,” kata Relly Andayani  di depan tim penguji dalam sidang terbuka promosi doktor IT di Kampus D Depok  Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya no. 100 Pondok Cina Depok, Rabu (12/7/2017).


Dalam desertasinya, Relly menjelaskan, beton adalah campuran semen portland atau semen hidrolis lainnya, agregat halus, agregat kasar, dan air, dengan tanpa bahan campuran tambahan.


Dalam penelitian ini mengusulkan metode gabungan algoritma Morfologi dan Grey Level Co-Occurent Matrix (GLCM). Hasil uji-coba dari metode dan algoritma yang dikembangkan menunjukan bahwa pengukuran karakteristik tekstur secara global dalam satu kesatuan citra menunjukan hasil yang lebih baik dari model pengukuran secara lokal.


Relly Andayani, wanita berjilbab yang ramah dan rendah hati ini memberikan tips untuk menjadi seorang doktor tidak harus pintar namun yang lebih utama rajin dan istiqomah.


“Gelar doktor bisa diraih bukan hanya oleh orang pintar saja, namun yang paling utama punya kemauan keras, rajin dan istiqomah untuk mencapainya,” jelas Relly Andayani kepada depoknews.id


Pada sidang tersebut dengan penuh percaya diri Relly Andayani mempu menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan tim penguji. Relly Andayani akhirnya dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.


Dalam sidang tersebut ia berhasil  mempertahankan desertasinya yang berjudul “Pengembangan Metode Klasifikasi Kuat Tekan dan Slump Beton Berdasarkan Fitur Tekstur Beton Segar”. Relly Andayani merupakan doktor IT ke 107 lulusan Universitas Gunadarma. Ia meraih gelar doktor dengan promotor Profesor Doktor Sarifuddin Madenda.


Penelitian terkait beton ini mendapat apresiasi dari tim penguji, seperti yang disampaikan Doktor, Ir. H Muslikh, M.Sc, M.Ph.l yang juga sebagai ko Promotor.


“Ini sebuah penelitian yang revolusioner, yang bisa terus bisa dikembangkan,” kata Ir. H.  H Muslikh, M.Sc.


Pujian juga disampakian oleh Doktor Ery Prasetyo yang juga sebagai ko Promotor.

“Saya memberikan apresiasi atas penelitian ini, sebelumnya saya mengirim saudara Relly ke Perancis, karena di Perancis penelitian seperti ini hal yang sudah biasa dilakukan,” kata Doktor Ery Prasetyo.


Berita terkait: 

Sigit Raih Gelar Doktor Predikat Cum Laude Dari Gunadarma Usia 27 Tahun, Inilah Kiat Suksesnya