Oleh : Wali Kota Depok, KH. Dr. Mohammad Idris, MA.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ  وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ فَيمَنْ عِنْدَهُ” رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya: Dari Abu Hurairah r.a berkata: Rasulullah saw bersabda: “Tidaklah suatu kaum berkumpul di sebuah rumah Allah, mereka membaca al-Qur’an dan mempelajarinya diantara mereka, kecuali akan turun ketenangan kepada mereka, dipenuhi rahmat dan dikelilingi para malaikat serta Allah (dengan bangga) menyebut mereka kepada makhluk-makhlukNya yang berada di sisiNya (H.R Muslim).

karena mulianya berkumpul di rumah Allah, tingginya nilai membaca dan mempelajari kitab Allah, berharganya kedudukan tahlil, tahmid dan tasbih di hadapan Allah; karena itulah Allah SWT tidak segan-segan memberikan bonus pahala dan hadiah ganjaran yang sangat mulia, tinggi dan berharga. Hadiah dan Pahala tersebut antara lain: ketenangan jiwa dan ketentraman hati; siapa yang tidak menginginkan ketenangan dan ketentraman ? tentunya setiap kita menginginkannya.

Hadiah dari Allah yang lain: menambah cucuran rahmat Allah SWT kepada mereka; tanpa bonus itupun sebenarnya sudah demikian banyak dan melimpah rahmat Allah yang diberikan kepada kita, antara lain kemudahan melangkah ke tempat ini untuk suatu kebajikan; kalaulah bukan karena rahmat Allah, maka akan sulit rasanya kita menghadiri majlis ini.

Selanjutnya para malaikat mengelilingi orang-orang yang suka berkumpul di rumah Allah dan mempelajari al-Qur’an, mereka berkeliling mengitari kita untuk memberikan bantuan dan jaminan keamanan pada dirinya.  pahala terbesar dari itu semua adalah: kebanggaan Allah terhadap kita di hadapan para malaikat dan makhluk lainnya di sisi Allah SWT

Previous articleHadir di Margonda Depok, Abuba Steak Santuni Anak Yatim
Next articlePeringkat UI Kembali Melesat Naik Ke Posisi 277 Dunia