MASJID BAITURRAHIM CIPAYUNG JAYA DEPOK ADAKAN PROGRAM SANTUNAN ANAK YATIM

DepokNews–Cipayung Jaya (04/05/2024). Sebagai pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat sekitar masjid, DKM (Dewan Kemakmuran Masjid, red) Baiturrahim Cipayung Jaya, Kota Depok, melaksanakan santunan yatim piatu, Ahad malam Senin (04/05/24).

Masjid yang berlokasi di RT 05/RW 01 Cipayung Jaya Kota Depok tersebut menyalurkan dana untuk 22 orang anak yatim-piatu. Kegiatan ini diadakan 3 bulan sekali. Diharapkan program ini untuk meringankan sebagian biaya sekolah yatim piatu.

Dalam sambutannya Iwan Ridwan, Ketua Panitia Santunan menyatakan. Fungsi masjid bukan sekedar tempat ibadah (sholat, red) wajib saja. Tetapi yang penting bagi masyarakat, bagaimana agar masjid menjadi pusat kemakmuran untuk warga sekitarnya.

Ditambahkannya: “Membaguskan masjid penting. Tetapi lebih penting adalah bagaimana Pengurus masjid peduli persoalan sosial kemasyarakatan di sekitarnya. Karena itu setiap 3 bulan, dana yang kami terima dari jama’ah kami salurkan. Antara lain untuk kegiatan (santunan, red) ini,” imbuhnya.

Tampak hadir 42 orang tokoh masyarakat dan anggota jamaah. Diantaranya: ketua lingkungan setempat, ibu-ibu anggota majelis taklim, pengurus DKM, dan para guru pengajian remaja.

Diminta pendapatnya, H.Pramono salah satu jama’ah masjid, menyatakan. Sangat mendukung program DKM tersebut.

Dikatakan, saat ini makin tampak fenomena akhir zaman. Orang-orang berlomba-lomba membangun fisik masjid. Masjidnya sudah sangat bagus, tetapi fungsi sosial kemasyarakatan kurang diperhatikan. Padahal pelibatan masyarakat untuk memakmurkan masjid, merupakan bentuk kepedulian pengurus dan upaya kaderisasi bagi generasi penerus.

“Ya, agar remaja terbiasa dan sering berinteraksi dengan kegiatan masjid. Sehingga secara bertahap hatinya akan mencintai masjidnya.” Ujar pengurus FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, red) Kota Depok tersebut mengakhiri pendapatnya.

(SPB/Cipja)