Maulid Nabi Muhammad, Masjid UI Beri Santunan Anak Yatim

DepokNews- Memperingati dan memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW , Masjid Jami’ Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia (UI), Jalan Lingkar Kampus Raya, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji menggelar berbagi kasih dengan 1.081 santunan yatim berupa paket Sembako dan uang.

Ketua Pelaksana Masjid Jami’ Ukhuwah Islamiyah UI Depok, Ahmad Solechan mengatakan, perhelatan yang berlangsung untuk memaknai peringatan Maulid Nabi Muhammad dengan berbagi kasih kepada 1.081 anak yatim di Kota Depok.

“Melalui peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini kami berbagi kasih dengan 1.081 anak yatim, dengan menyampaikan pesan ajaran Nabi Muhammad SAW sebagai Islam yang damai, dan mengajarkan kasih sayang,” jelasnya.

Ahmad Solechan yang juga Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok ini mengungkapkan, ribuan jamaah yang hadir larut dalam kekhusyukan ketika mengikuti rangkaian acara yang diisi dengan Maulid Nabi. Ayat suci Alquran dibacakan oleh juara 1 MTQ Internasional Turki, Syamsuri Firdaus.

“Kita doakan agar para pimpinan, UI dan Negara Indonesia mendapatkan keselamatan dan keberkahan. Menyampaikan pesan pimpinan, bahwa pihak UI agar senantiasa bekiprah untuk masyarakat Depok dan sekitarnya,” ungkap Ahmad Solechan.

Melalui santunan anak yatim ini, lanjut Solechan, semuanya berasal dari Depok. Momentum ini juga mengajak kita untuk memakmurkan dan mensyiarkan Masjid UI. Banyak kegiatan bulanan dan mingguan diisi dengan kajian bahkan simaan Alquran Bil Ghaib (hafalan atau membaca Alquran 30 juz tanpa melihat teks.

Di lokasi yang sama, Pengasuh Ponpes Ma’had Aly Raudhatul Muhibbin, Bogor Luqman Hakim mengatakan, tema yang diangkat adalah warisan terindah Rasulullah SAW, Sains dan Moralitas. Menurutnya, keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW adalah “bi idznillah (dengan izin Allah).

“Dakwah karena izin Allah, bukan untuk status. Sebab, yang memberikan hidayah adalah Allah. Salah satu upaya menghadirkan izin Allah adalah hati kita dengan ikhlas, syukur dan tawakal, dalam menuntut ilmu dan langkah agar selalu mengingat Allah. Supaya mendapatkan pahala dan berkah,” pungkasnya.

Perlu diketahui, perhelatan yang berlangsung diisi dengan simaan Al-Quran Bil Ghaib dan Zikrul Ghofilin. Rangkaian acara juga dimeriahkan dengan bazar dan pameran, hadrah, pentas seni dan sebagainya. Mitra acara terdiri dari Lazisnu, Baznas, BSI, BCA dan lainnya.

Kegiatan yang berlangsung, mantan rektor UI Prof. Anies, Rois Syuriah PCNU Kota Depok KH. Syihabudin Ahmad, Ketua Lazisnu Kota Depok Ust. Hafidz Ash-Shidqi serta ribuan jamaah yang hadir.

Di sela acara juga turut launching UPZ Baznas Masjid UI, dalam santunan 1.081 anak yatim yang bergelar, peserta yang hadir mendapatkan paket sembako dan uang.