Membangun Akhlak Al-Qur’an Dalam Keluarga, PKK Kecamatan Tapos Gelar Tadarus Keliling Ramadhan 1444 H

Depoknews, Tapos— Tim Penggerak PKK Kecamatan Tapos Kota Depok menggelar Tarling atau Tadarus Keliling ke seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Tapos. Tarling berlangsung dari tanggal 27 Maret 2023 sampai 5 April 2023. Tarling pertama diawali di kelurahan Leuwinanggung pada Senin (27/3/2023).

Tadarus Keliling ini adalah program TP PKK Kecamatan Tapos Pokja-1 bekerjasama dengan Sahabat Qur’an (SAQU), yaitu pembinaan Al Quran.

Ketua Pokja-1 PKK Kecamatan Tapos Asri Peni Lestari mengatakan, urutan tempat yang mendapat giliran Tarling pertama adalah Kelurahan Leuwinanggung dan berakhir di Kantor Kecamatan Tapos.

“Tadarus Keliling dimulai dari Kelurahan Leuwinanggung, Jatijajar, Cimpaeun, Cilangkap, Sukatani, Tapos, dan Sukamaju Baru. Kemudian berakhir di Kantor Kecamatan Tapos,” kata Asri kepada Depoknews, usai Tarling di Cimpaeun Rabu (29/3/2023).

Tarling di Kelurahan Leuwinanggung terlihat khidmat. Peserta yang hadir berjumlah 35 orang terlihat antusias mengikuti kegiatan ini.

Hadir pada acara Tarling Kelurahan Leuwinanggung , Lurah Leuwinanggung Hj. Titin Sumarsih SE., Ketua Pokja-1 Asri Peni Lestari, Pengurus PKK Kelurahan Leuwinanggung , Tim SAQU, kelompok PKK RW, dan perwakilan majelis taklim.

Prosesi acara diawali dengan sambutan Lurah Leuwinanggung Titin Sumarsih sekaligus membuka kegiatan Tarling, pemaparan materi dari tim SAQU kemudian membaca Al-Qur’an secara bergantian dalam satu kelompok disimak oleh seorang mentor dari Tim SAQU dan peserta yang lain ikut menyimak.

Untuk Tarling tahun ini ada penambahan aktifitas kegiatan yakni adanya pengecekan bacaan Surat Al Fatihah dari setiap peserta.

Asri menerangkan, tadarus keliling tahun ini ada penambahan pengecekan bacaan surat Al Fatihah karena dibaca setiap kali sholat dan surat Al Fatihah merupakan pujian dan doa.

“Tarling PKK Kecamatan Tapos tahun ini beda karena adanya pengecekan atau pemeriksaan bacaan surat Al Fatihah kepada peserta. Tujuannya adalah memastikan peserta membaca surat Al Fatihah dengan benar sesuai tajwid. Ini penting karena surat Al Fatihah dibaca setiap kali kita sholat,” tutur Asri Peni Lestari, Ketua Pokja-1 PKK Kecamatan Tapos.

Ia menambahkan bahwa tujuan lainnya dari kegiatan Tadarus Keliling selain untuk silaturahmi yaitu memberi motivasi para peserta untuk mengajak keluarganya lebih dekat dengan Al Qur’an karena Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat Islam yang akan memberikan petunjuk serta memperkuat fondasi sekaligus membangun akhlak Al Qur’an dalam keluarga menghadapi dinamika kehidupan.

“Semoga kegiatan ini bisa terus dilanjutkan setelah bulan Ramadhan. Dengan support dari pemerintah dalam hal ini Bu Haji Titin selaku Lurah Leuwinanggung yang sudah memfasilitasi kegiatan ini dan dari Tim SAQU Tapos sebagai pelaksana utama Tadarus Keliling,” imbuhnya.

Senada dengan Asri, Lurah Leuwinanggung Titin Sumarsih menyatakan dukungannya dan apresiasi terhadap kegiatan Tarling di Kecamatan Tapos.

“Alhamdulillah dengan adanya pembinaan Al Qur’an dari Pokja-1 Kecamatan Tapos memberikan pengetahuan banyak sekali, baik manfaatnya dengan cara membacanya maupun penghayatan tentang Al Qur’an,” ujar Titin.

Titin berharap dengan Tadarus Keliling, kader PKK dan masyarakat lebih mencintai lagi Al Qur’an.

“Tarling ini berdampak baik buat diri sendiri maupun untuk diterapkan pada keluarga kita masing-masing. Semoga ke depannya kegiatannya tidak hanya di bulan Ramadhan saja tapi juga di bulan-bulan lainnya.” tandas Titin.

Tadarus Keliling di Kelurahan Leuwinanggung dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.00 WIB. (shl)