Memperkuat Riset Zakat dan Wakaf, STEI SEBI Menandatangani MoA dengan LAZNAS IZI

DepokNews–Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) telah menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Akademizi, Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (LAZNAS IZI), di Ruang Rapat lantai 3 Kantor Pusat IZI pada Senin (20/05/2024).

Kerja sama antara kedua belah pihak ini berkaitan dengan Hibah Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa S1 di STEI SEBI dengan fokus pada zakat dan wakaf. Ada enam tema penelitian yang menjadi prioritas pendanaan, meliputi:

  1. Evaluasi program distribusi dan pemanfaatan zakat serta pengelolaan wakaf.
  2. Pengumpulan dan pembayaran zakat dan wakaf.
  3. Pengukuran kinerja dan manajemen strategis dalam pengelolaan zakat dan wakaf.
  4. Inovasi dalam pengelolaan zakat dan wakaf.
  5. Manajemen risiko, pengendalian internal, dan tata kelola syariah dalam pengelolaan zakat dan wakaf.
  6. Pemetaan publikasi penelitian tentang zakat dan wakaf.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada LAZNAS IZI atas kepercayaan yang diberikan kepada STEI SEBI dalam memperkuat riset zakat dan wakaf di Indonesia,” ujar Ketua STEI SEBI, Sigit Pramono, Ph.D., dalam sambutannya.

Sigit menyatakan komitmen STEI SEBI untuk mendorong setiap program studi dalam meningkatkan riset terkait keuangan sosial syariah. Indonesia memiliki potensi besar dalam hal ini, terutama karena jumlah populasi Muslim dan potensi zakat yang signifikan.

“Kami berharap kerja sama ini akan menghasilkan gagasan-gagasan baru dan temuan yang bermanfaat bagi praktik pengelolaan zakat yang lebih baik,” tambahnya.

Nana Sudiana, Direktur Akademizi LAZNAS IZI, menyambut kerja sama ini dengan gembira, menyatakan bahwa kolaborasi dengan STEI SEBI adalah langkah yang tepat.

“Semoga kerja sama ini menjadi berkah bagi kemajuan pengelolaan zakat di Indonesia,” ujarnya.

Dalam kerja sama ini, empat penelitian akan mendapatkan pembiayaan untuk pelaksanaan penelitian dan publikasi di jurnal ilmiah, minimal dengan akreditasi Sinta 4. Penerima hibah juga akan mendapatkan akses data dan referensi untuk mendukung penelitian mereka, menunjukkan komitmen bersama antara STEI SEBI dan LAZNAS IZI dalam memperkuat riset zakat dan wakaf serta meningkatkan literasi pengelolaan zakat, khususnya di Indonesia.