Minuman “Markisa Manis” Mampang, Depok Hasil kerjasama Pengabdian Masyarakat Dosen UG , kini Tersertifikasi Halal

Penulis : Dr. Dyah Mieta Setyawati

Warga Depok khususnya Kecamatan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, yang menyukai minuman sari buah markisa bisa dengan mudah mendapatkan produk tersebut. Sejak akhir tahun 2019 sampai dengan saat ini terus dibina jalinan kerjasama antara Kader usaha dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Gunadarma dan pada bulan November 2023, telah terbit sertifikasi produk halal dari Program SEHATI Kemenag RI, dengan dibantu oleh perwakilannya Bpk. MS. Yusuf atas dua varian produknya yaitu original dan luxury. Pada awal tahun 2024 ini, kerjasama antara kedua belah ditujukan untuk peningkatan kapasitas dan pemberdayaan Mitra.

Realisasi kegiatan telah dilakukan oleh kelompok Abdimas Dosen UG diantaranya membuka budidaya tanaman markisa pada lahan tidak produktif perumahan disekitar Sasak Panjang, Tajur Halang, Bogor serta memberikan edukasi dan informasi tentang sistem informasi akuntansi, pencatatan keuangan dengan aplikasi Zahir, digital branding, Tingkat Kompetensi Dalam Negeri (TKDN)-Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan membangun desain website serta pameran produk untuk membangun brand image Mitra secara online dan offline.

Teknis pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) di lapangan merupakan terapan dari bidang unggulan dan isu strategis penelitian Universitas yaitu Teknologi  Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti Training, Education and Research Center pada kedua bagian kegiatan tersebut diatas secara bersamaan, dengan cara melibatkan 7 Fakultas dengan 14 bidang ilmu terkait yaitu arsitektur, agroteknologi, sistem informasi, sistem komputer, akuntansi, manajemen, kedokteran, farmasi serta teknik elektro, teknik industri, teknik mesin, teknik sipil, ilmu komunikasi dan program diploma bisnis dan kewirausahaan.

Produk minuman seeowrens luxury, varian rasa seeowrens original foto bersama Dr. Ravi Ahmad Salim, Purek I, Universitas Gunadarma dan Rekan Dosen Abdimas Kelompok seeowrens luxury “Markisa Manis” Mampang, Kota Depok. (IG.seeowrens_markisadepok)