Depok-Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok menyalurkan bantuan ke CianjurJawa Barat. Melalui NU Depok Peduli membantu korban bencana gempa bumi di Cianjur. Ketua PCNU Kota Depok KH. Achmad Solechan, M.Si mengaku aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian kepada sesama. Terlebih lagi, lanjutnya, merekatkan tali persaudaraan dan menjalin kebersamaan dalam membantu korban bencana. Pihaknya akan terus menerima dan menyalurkan bantuan. Pasalnya, dalam bencana ini masih membutuhkan recovery. “NU Depok bersama banom aktif membangun kepedulian yang tergabung NU Depok peduli. Untuk saat ini kita menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam Cianjur,”ujarnya didampingi Gus Furqon dan KH. Nasihun Syahroni usai apel pelepasan rim

Hal senada diutarakan Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kota Depok Ade Hukmawa. Melalui NU Peduli Depok pada gelombang ketiga ini menyalurkan bantuan berupa uang tunai sebanyak Rp 60 juta. Ia menambahkan, bantuan logistik berupa beras, makanan instan, susu bayi, susu kaleng, tepung, minyak, gula, tisu basah, tisu kering, Pampers, matras. Disamping itu, pihaknya juga memberikan makanan ringan, perlengkapan mandi, selimut, handuk, obat-obatan dan lainnya. “Ini adalah gerakan kepedulian secara spontan oleh Pengurus NU Depok, nahdliyin, badan otonom (IPNU, IPPNU, Fatayat NU, GP Ansor NU, Muslimat NU), MWC NU 11 Kecamatan. Semua kegiatan penghimpunan bantuan melalui kordinasi LPBI NU dan Lazisnu Depok,”terangnya.

Sementara itu, Ketua Lazisnu Kota Depok Ust. Hafidz Ash-Shidqi mengungkapkan sebelumnya juga telah bergerak. Sebelumnya, NU Depok Peduli pada gelombang pertama dan kedua telah bergerak cepat di lokasi titik rawan bencana. Dalam kesempatan tersebut, juga telah menurunkan 14 orang relawan dari LPBI NU dan Bagana dengan didampingi satu unit ambulance serta tenaga kesehatan. “Kita berharap dengan aksi peduli ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat terkena bencana. Untuk penyaluran bantuan kita kerjasama dengan Posko PCNU Cianjur,”katanya.

Katib Syuriah PCNU Kota Depok KH. Nasuhun Syahroni mengungkapkan NU Depok Peduli akan terus dilakukan. Tidak hanya berupa relawan, bantuan uang tunai dan logistik, namun juga pendampingan psikologis bagi para korban. Khususnya bagi anak-anak yang mengalami trauma setelah terjadinya gempa. “Jadi terus kita akan lakukan aksi peduli ini, salah satunya dengan trauma healing. Agar mereka tidak larut dalam kesedihan dan kembali seperti sedia kala. Kita berharap agar semuanya berjalan lancar dan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT,”harapnya.

Dalam penyaluran bantuan NU Depok Peduli gelombang ketiga di Cianjur tersebut sebanyak 12 rombongan mobil. Diantaranya, relawan, dua unit mobil ambulance, dua truk pengangkut logistik dan lainnya. Perwakilan Pengurus NU Depok bersama dengan Badan Otonom, IPPNU, Fatayat NU, Banser NU dan lainnya terjun langsung ke lokasi.

Previous articleHengky Gandeng Katar Mekarjaya, Galang Dana Bantu Korban Bencana Gempa Bumi Cianjur
Next articleDiplomasi Apik Ketua DPRD Kota Depok kepada Dubes Belanda Tentang Cagar Budaya