P2MD HIMADIKA Gelar Berbagai Kegiatan Guna Tekan Tingkat Prevalensi Kasus Gizi Kurang di Kelurahan Gandul Depok

DepokNews – Tim Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) HIMADIKA telah selesai melaksanakan programnya di Kelurahan Gandul, Depok. Program ini diimplementasikan oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma. Untuk mensukseskan program tersebut, P2MD HIMADIKA menggelar kegiatan dari bulan Agustus hingga bulan November.

Kegiatan pertama dimulai dengan sosialisasi program pemberdayaan masyarakat desa Gandul dengan tema “Pemanfaatan Lahan Serta Pengembangan Hidroponik Sebagai Upaya Pencegahan Gizi Kurang Pada Anak”. Sosialisasi ini dihadiri oleh kepala program studi D3 keperawatan, dosen pembimbing Ns. Chandra Tri Wahyudi. ,M.Kes.,M.Kep, kepala Kelurahan Gandul dan ibu-ibu PKK Kelurahan Gandul, Kamis (18/08/22).

Pada kegiatan kedua, warga desa Gandul diajak untuk melakukan pembuatan instalasi hidroponik di gedung Arsip BPK V Gandul pada hari Kamis (08/09/22). Pembangunan dimulai dari pembuatan kerangka instalasi, melubangi paralon sebagai tempat tanaman, dan membuat saluran air otomatis agar tanaman mendapatkan air yang cukup.

Selanjutnya, pada kegiatan ketiga warga desa Gandul diajak untuk menyemai tanaman bersama ibu PKK Kelurahan Gandul bertempat di Gedung Arsip BPK V Gandul, Sabtu (24/09/22). Kegiatan semai dihadiri oleh Tim P2MD Himadika, Kepala Kelurahan Gandul, dan para Ibu PKK Kelurahan Gandul. Melalui kegiatan ini para Ibu PKK Kelurahan Gandul merasa terbantu akan meningkatnya pengetahuan tentang semai tanaman dan pembuatan nutrisi hidroponik yang benar.

Kegiatan keempat adalah seminar dan workshop P2MD HIMADIKA yang bertajuk tema “Wujudkan MPASI yang Berkualitas dengan Menggunakan Hasil Panen Sayur dengan Metode Hidroponik” dengan pemateri dosen program studi gizi UPN “Veteran” Jakarta bernama Dr. Avliya Quratul Marjan, S.Gz., M.Si. Kegiatan ini diselenggarakan pada Senin (31/10/22) bertempat di Gedung Arsip BPK V Gandul.

Turut hadir dalam seminar para kader posyandu Kelurahan Gandul, para warga sekitar RW 09 BPK Gandul, petinggi perguruan tinggi seperti Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Dosen pembimbing, dan Petinggi Daerah seperti Ketua Kecamatan Cinere dan Ketua Kelurahan Gandul

“Melalui kegiatan seminar dan workshop diharapkan dapat meningkatkan skills para kader posyandu atas pembuatan MPASI dengan pemanfaatan hasil panen sayur hidroponik hingga dapat menekan angka prevalensi gizi kurang di Kelurahan Gandul,” ujar Taufik Maryusman, S.Gz, M.Pd, M.Gizi selaku Wakil Dekan Bidang Akademik.

Kegiatan kelima yaitu mengimplementasikan hasil workshop yaitu membuat bersama produk inovasi MPASI berupa puding lumut pakcoy yang dibagikan kepada balita. Produk MPASI tersebut dibagikan kepada para balita yang mengunjungi posyandu. Para kader posyandu senang dan merasa terbantu bahwa posyandu sekarang memiliki menu inovasi untuk MPASI yang disukai para balita.

Setelah melewati berbagai rangkaian kegiatan, sampailah di kegiatan terakhir program P2MD HIMADIKA yaitu Grand Closing dan Penyerahan Instalasi Hidroponik pada hari Sabtu (06/11/22) berlokasi di Gedung Arsip BPK V Gandul.

Kegiatan penutupan dihadiri ini oleh Kepala Kelurahan Gandul, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta bapak Taufik Maryusman, S.Gz.,M.Pd.,M.Gizi, Kepala Jurusan Program Studi Keperawatan UPN “Veteran” Jakarta “ibu Ns. Wiwin.,Winarti.,M.Epid.,M.N, Dosen Pembimbing P2MD HIMADIKA Ns.Chandra Tri Wahyudi.,M.Kes.,M.Kep, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Cinere, Babinsa, Kamtibmas, Ketua RW dan RT Kelurahan Gandul, dan Ikatan Remaja Komplek (IRK).

Melalui serangkaian acara yang telah diselenggarakan tim P2MD HIMADIKA diharapkan dapat meningkatnya pengetahuan tentang pemanfaatan tanaman hidroponik untuk inovasi MPASI , meningkatkan pemahaman tentang gizi kurang para kader posyandu dan masyarakat kelurahan Gandul serta dapat menekan angka prevalensi gizi kurang pada balita di Kelurahan Gandul, Kota Depok.