Pantau Kesiapan Pemilu 2024, Komisi ll DPR RI Kunjungi Kota Depok

Kunker spesifik Komisi II DPR RI ke Kota Depok di Aula Edelweiss, lantai 5, Balai Kota Depok, Senin (05/06/23). (Foto: Diskominfo).

DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menerima kunjungan kerja (kunker) spesifik dari Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Diterima langsung oleh Asisten Administrasi Umum (Adum) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Nina Suzana, kehadiran wakil rakyat ini untuk memantau kesiapan tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 di Kota Depok.

“Kunjungan kali ini terkait monitoring kesiapan Pemilu di Depok, bagaimana koordinasi dan komunikasinya sudah baik atau belum, terkait data penduduk antara pemerintah dan penyelenggara Pemilu baik itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Depok,” ujar Nina Suzana, usai menerima kunker Komisi II DPR RI di Aula Edelweiss, lantai 5, Balai Kota, Senin (05/06/23).

Melalui kunjungan ini, Nina berharap, semakin tercipta sinergi yang baik antara penyelenggara Pemilu dan Pemkot Depok. Dengan begitu, penyelenggaraan Pemilu pada 17 Februari 2024 bisa berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Terdapat beberapa masukan karena ada anggota DPR RI yang dari dapil Depok, ada hal-hal yang belum kita akomodir bisa kita masukan dalam program kita,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, secara umum persiapan pelaksanaan Pemilu di Kota Depok cukup baik. Koordinasi dan komunikasi antara penyelenggara Pemilu dan Pemkot Depok sudah berjalan dengan baik tanpa hambatan berarti.

“Tinggal koordinasi antara KPU dan Bawaslu yang kemudian harus diintensifkan. Misalnya soal akses Sistem Informasi Pencalonan (SILON), ini juga menjadi problem di pusat juga begitu, bagaimana Bawaslu punya akses yang cukup untuk memonitor dan memantau jalannya proses tahapan Pemilu ini,” jelasnya.

Sumber : depok.go.id