Panwascam Beri Bimbingan Teknis Kepada Pengawas TPS Se-Kecamatan Tapos

DepokNews- Untuk memberikan pengetahuan serta keterampilan pada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Tapos, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Tapos mulai mengadakan bimbingan teknis (bimtek), Rabu (18/11/2020). Hal ini juga dilakukan karena terdapat beberapa penyesuaian teknis karena dilakukan dimasa pandemi.

“Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dilaksanakan pada masa pandemi, jadi ada sejumlah penyesuaian teknis dan pelaksaan. Terlebih, tahun ini sekitar 60 persen PTPS merupakan orang yang belum pernah menjadi pengawas di TPS,” tutur Ketua Panwascam Tapos, Gatot Sumitro.

Ia menjelaskan, dalam bimtek tersebut disampaikan tahapan pemungutan suara, teknis kerja PTPS dan hal-hal yang perlu diketahui pengawas saat bertugas di lapangan. Ia juga menegaskan bahwa PTPS harus mendapatkan bekal yang cukup agar saat bertugas tidak ada keraguan dalam melakukan pengawasan.

“Saya harap setelah dilakukan bimtek, PTPS dapat memahami dan menjalankan tugasnya pada saat pemungutan suara pada 9 Desember mendatang. Terutama, pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19,” tuturnya.

Diketahui kegiatan bimtek ini akan dilaksanakan per kelurahan agar tidak terjadi kerumunan dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.