Pelaksanaannya Ikuti Protokol Kesehatan, Pilkada Depok Digelar 9 Desember 2020

DepokNews- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, memastikan kembali perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Depok akan diselengarakan pada 9 Desember 2020. 

Kepastian KPU Depok menyelengarakan pesta demokratis itu lantaran sudah dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota Menjadi Undang-undang. 

“Terkait waktu pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara tanggal 9 Desember 2020 yang banyak disangsikan oleh banyak pihak. Semakin terbantahkan setelah dilaksanakannya Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPR RI dengan Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu hari ini (26 Mei 2020) yang menyetujui pelaksanaan pilkada 9 Desember 2020,” kata ketua KPU Depok Nana Shobarna melalui keterangan tertulisnya.

Meski begitu, pelaksanaan Pilkada Depok 9 Desember 2020  dengan syarat dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan gugus tugas covid-19 serta berpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi.

“Depok termasuk daerah red zone sejak mewabahnya virus corona tersebut. Nanti pelaksanaan Pilkada Depok harus mengikuti protokol kesehatan,” kata Nana.

Untuk menyikapi telah disetujuinya pilkada 9 Desember 2020 ini, KPU Kota Depok akan melakukan persiapan-persiapan yang dianggap perlu. 

Diantaranya mengkaji kemungkinan penambahan anggaran dikarenakan kebutuhan protokol kesehatan dalam pelaksanaan tahapan pilkada kedepan. 

Selain itu KPU Kota Depok juga akan menyiapkan segala upaya untuk mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat, disamping menyiapkan SDM, mengaktifkan kembali badan adhoc dan lain sebagainya. 

“Disamping itu KPU Kota Depok akan mengintensifkan membangun koordinasi dan komunikasi stakeholder terkait terkait persiapan untuk melanjutkan tahapan pilkada dalam waktu dekat,” tuturnya.

“Kita semua berharap, semoga musibah covid-19 yang tengah mewabah ini dapat segera berakhir,” tandasnya.(mia)