Pemanfaatan Landing Page Sebagai Strategi Pemasaran Digital Pembedayaan UKM Dechefdefinzs

DepokNews–Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Gunadarma menyelenggarakan kegiatan Pemanfaatan Landing Page Sebagai Strategi Pemasaran Digital Pembedayaan UKM untuk memperluas Pemasaran dan Penggunaan Aplikasi  pada UKM Dechefdefinzs. Kegiatan  ini diselenggarakan pada 25 Agustus 2023  di Kampus J1 Universitas Gunadarma Kalimalang.

Tim PKM Universitas Gunadarma terdiri dari Dr. Rooshwan Budhi Utomo, SE., MMSI; Rr. Artiana Krestianti, SS., SKom., MMSI ;Ali Akbar, SKom., MMSI;  Dr. Lely Prananingrum, SKom., MMSI; Dr. Sri Kurniasih Agustin, SE., MM; dan  Irawaty, S.Kom., MMSI,  dengan narasumber  Raldy Hendrianu dan Fabian Juliansyah Cahyadi mahasiswa Jurusan Sistem Informasi  UG  angkatan 2020.

Dalam sambutannya Dr. Rooshwan Budhi Utomo, SE., MMSI selaku Ketua Tim PKM dalam penyelenggaraan kegiatan ini kepada Dechefdefinzs sebagai pelaku usaha  di bidang kuliner mengatakna bahwa Dechefdefinzs merupakan bagian dari UKM yang memiliki kontribusi atau peranan cukup besar dalam perekonomian nasional dalam memperluas kesempatan kerja dan penyerapan  tenaga kerja hingga 97 persen dari total tenaga kerja yang ada, membentuk Produk Domestik Bruto (PDB) serta menyediakan jaring pengaman   bagi masyarakat berpendapatan rendah dan  menengah untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif.

Pelatihan ini diadakan agar  UKM  Dechefdefinzs  dapat mengetahui bagaimana pengunaan aplikasi Landing Page dan perhitungan HPP (Harga Pokok Penjualan)  sebagai sarana pemasaran produk UKM, sehingga akan memberikan kesempatan kepada pelaku usaha dalam meningkatkan motivasi serta kepercayaan masyarakat dalam mengembangkan jejaring usaha, meningkatkan produktivitas, saling promosi produk dan mandiri dalam menjalankan usahanya dengan menggunakan   aplikasi-aplikasi Landing Page dan HPP.  Rooshwan Budhi Utomo, lalu menambahkan tentang keikutsertaan mahasiswa yaitu Raldy Hendrianu dan Fabian Juliansyah Cahyadi adalah dalam rangka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Para mahasiswa ini melakukan pembuatan  aplikasi Landing Page sebagai media Pemasaran Online Produk UKM Dechefdefinzs,  supaya dikenal  masyarakat luas. Mereka  juga membuat aplikasi HPP secara komputerisasi sehingga tidak perlu menghitung harga pokok penjualan dengan manual .   Tim PKM juga memberikan pendampingan  dalam pelatihan dengan membuatkan modul  pelatihan untuk mengupdate produk  homemade pada aplikasi dan  cara mengoperasikan aplikasi.

Pemilik Dechefdefinzs, pasangan suami istri, Fajra Avandy  dan Francisca mengatakan, usaha mereka sudah dijalani sejak tahun 2020. Selama ini usaha mereka menerima pesanan aneka jajanan pasar, usaha kue kering yang saat menjelang Lebaran Idul Fitri dan Alhamdulillah mencapai 100 toples. Mencoba membuat aneka roti, pizza dan bomboloni untuk camilan anak-anak, dengan cara memposting di status whatsapp dan Alhamdulillah teman-teman ikut memesan. Berkreasi dengan membuat kue sus varian isi vla yaitu vanilla, pandan, coklat dan durian. Memasarkannya melalui postingan di status whatsapp dan Instagram.

Tahun 2022, Dechefdefinzs lebih serius memasarkan kreasi kue kering, pastry, jajan pasar dan bahkan merambah ke nasi box. Best sellernya kue sus vla vanilla, Bomboloni, Donat Topping, Pie Brownies, Putu Ayu Sakura, Sosis Solo, Pizza dan berbagai jenis risol dengan harga yang bervariasi. Dengan konsep ‘Made by Order atau Pre Order’ dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas sehingga kualitas produk kami memiliki khas dan cita rasa tersendiri.

Pelanggan mereka selama ini hanya mengandalkan komunitas terdekat saja  seperti teman, tetangga, rekan sesama orang tua murid di  sekolah. Kalau ada pesanan yang  banyak, pa Fajra “berkolaborasi dengan teman yang bisa menyediakan produk  yang dipesan pelanggan,” ujarnya. Ia juga sering bekerja sama dengan  reseller yang mencarikan pelanggan untuk mereka. Selama ini produk mereka dikenal memiliki kualitas yang  bagus dalam artian rasanya enak dengan  harga terjangkau. Ia berharap, program ini bisa memperluas pemasaran yang  akan meningkatkan omsetnya. Selain itu juga bisa membuat laporan keuangan yang lebih terkontrol dengan baik. “ Aplikasi yang ditawarkan cukup mudah juga untuk digunakan,” katanya.

Kendala yang dihadapi selama ini selain belum melakukan pengelolaan secara komputerisasi, juga seputar harga bahan baku yang tidak stabil. Sementara dalam melayani pesanan ia mengakui tidak selalu meminta uang muka. “Kami masih lihat-lihat orangnya dan juga jumlah yang dipesan,” katanya. Mereka mengaku, beberapa kali  mengalami hal-hal yang mengecewakan.

Sementara itu  Raldy Hendrianu dan Fabian Juliansyah Cahyadi dalam pelatihan ini juga menyediakan Manual Book agar mudah diingat pengguna. Raldy Hendrianu memperkenalkan aplikasi Landing Page, mulai cara menginstall dan membuat aplikasinya. Fabian Juliansyah Cahyadi sendiri membuat  aplikasi HPP pada Dechefdefinzs.  Aplikasi ini dibangun untuk  memfasilitasi        pada admin dan user dalam mengelola dan menghitung pada Dechefdefinzs bila ada pelanggan yang memesan. Hal itu meliputi mengupload menu baru atau dalam memberikan promo pada situs web serta penghitungan HPP pada penjualan kue. Harapannya dapat membantu aktivitas penjualan pada Dechefdefinzs.

Pada pertengahan November 2023 tim akan melakukan Evaluasi kembali untuk pendampingan dan pelatihan guna  mengetahui apakah ada peningkatan dalam penggunaan aplikasi yang sudah diberikan pada mitra Dechefdefinzs. Diawali dengan pelatihan, lalu Bapak Fajra Avandy bersama istri ibu  Francisca menggunakan aplikasi tersebut, dilanjutkan dengan memberikan perangkat dan testimoni atas kegiatan ini. Pada pelatihan sebelumnya Bapak Fajra mengatakan dengan diadakan pendampingan serta pelatihan ini sangat membantu kami sebagai UKM untuk memajukan usaha yang dijalankan, dengan adanya Landing Page dan penggunaan aplikasi HPP ini saya yakin akan ada peningkatan dari penjualan karena sebelumnya hanya dikenal masyarakat sekitar, sekarang sudah mulai dikenal oleh masyakat luas melalui situs web http://dechefdefinzs.com/.