Pembentukan Pos UKK Pertama di Jatimulya Dapat Apresiasi Dari Lurah Setempat

DepokNews – Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK) pada pabrik tahu NN yang ada di Jalan Aridho, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong resmi dibentuk. Keberadaan Pos UKK tersebut menjadi yang pertama di wilayah Jatimulya.

“Alhamdulillah, dengan dibentuknya Pos UKK di pabrik tahu NN ini saya sangat mengapresiasi. Sekaligus Puskesmas Kalimulya yang memang menjadi koordinator pembina,” ujar Lurah Jatimulya, Aripudin, Kamis (02/03/23).

Menurutnya, tujuan utama adanya Pos UKK ini ialah untuk memonitoring kesehatan para pekerja secara berkala. Sehingga diharapkan dapat sejalan dengan peningkatan perekomian dan kesejahteraan para pekerja yang ada di perusahaan tersebut

“Nantinya karyawan akan dicek kesehatannya setiap tiga bulan sekali yang dilakukan oleh Puskesmas Kalimulya,” ungkapnya.

Ia pun mendorong agar perusahaan-perusahaan yang ada di wilayahnya untuk mengajukan pembentukan Pos UKK. Hal ini agar kesehatan karyawan di perusahaan tersebut dapat terpantau dengan baik.

“Ke depannya walaupun itu perusahaan yang tidak begitu besar, tapi bisa menyerap tenaga kerja banyak insyaallah bisa kita usulkan untuk dibentuk Pos UKK,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Zakiah mengatakan, Pos UKK merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) bagi kelompok pekerja informal. Terutama, dalam upaya promotif dan preventif untuk melindungi pekerja dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan.

“Prinsip Pos UKK adalah dari, oleh, dan untuk pekerja kelompok informal di masyarakat,” imbuhnya. 

Sumber : depok.go.id