Pemerintah Kota Depok Terima Penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2017

DepokNews — Pemerintah Kota Depok, dalam hal ini Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok mendapatkan penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2017 dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.

Penghargaan diberikan oleh Ir. Agus Muharram, MSP, Sekjen Kemekop & UKM, bersama Hermawan Kartajaya, President of ICSB-Indonesia, pada saat berlangsungnya acara Gebyar UKM Indonesia 2017. Event Gebyar UKM Indonesia terselenggara atas kerja sama antara ICSB Indonesia dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia pd tgl 24 Oktober 2017 di Gedung SME Tower, Jakarta.

Kepala DKUM Kota Depok Fitriawan Sumadi mengungkapkan rasa syukurnya terhadap penghargaan tersebut. “Alhamdulillaah.. Penghargaan ini sebagai wujud apresiasi atas dedikasi Pemerintah Kota Depok dalam membina serta mengembangkan para pelaku UMKM di Depok” ujar Fitriawan disela-sela acara.

ICSB Indonesia sendiri adalah sebuah organisasi non profit dunia yang memiliki tujuan untuk melanjutkan pendidikan manajemen bagi pengusaha dan usaha kecil menengah.

Untuk penghargaan ini, lanjut Fitriawan, ICSB Indonesia melakukan survei ke beberapa kota atau kabupaten yang ada di wilayah Jabodetabek untuk mengetahui sejauh mana dinas atau instansi terkait dalam membina dan memberdayakan UMKM di wilayah masing-masing.

“Prestasi ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberdayakan UMKM dan pelaku industri kreatif di Kota Depok menjadi lebih berkembang lagi,” tuturnya.

Ia menjelaskan, prestasi ini diraih tidak terlepas dari program maupun hal lainnya yang dilakukan oleh pihaknya dalam membina pelaku UMKM di Kota Depok. Mulai dari pelatihan pengemasan produk, pelatihan pemasaran produk, sertifikasi P-IRT, hingga pemberian informasi akses permodalan. Tujuannya adalah agar para pelaku UMKM di Depok dapat memahami segala sesuatu yang diperlukan dalam membuka usaha, mulai dari pengemasan, pemasaran, izin dan akses permodalan.

Beberapa kebijakan & program strategis Pemkot Depok untuk memajukan UMKM di Kota Depok antara lain:
1. Pelatihan bagi wirausaha baru.
2. Pelatihan pelaku usaha mikro di lokasi P2WKSS.
3. Pembinaan pembuatan kemasan produk.
4. Pelatihan kewirausahaan & technopreneur (Bisnis memanfaatkan IT & socmed).
5. Seminar/workshop/training motivasi bisnis bagi para pelaku UMKM.
6. Diklat Manajemen Keuangan, Pemasaran & SDM bagi para pelaku UMKM
7. Pengelolaan Depok UMKM Centre.
8. Gelar akbar produk-produk UMKM Depok.
9. Promosi produk UMKM Depok ke berbagai event.
10. Fasilitasi aspek legalitas usaha, seperti: laik sehat, PKP/P-IRT, HAKI, serta Halal MUI.

(Advertorial)