Pemkot Depok Gelontorkan Dana Miliaran Untuk Penanganan Korona

DepokNews- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 64 miliar untuk penanganan Covid-19 di Kota Depok.

Anggaran ini dipergunakan untuk melengkapi fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), menyediakan alat test Covid-19, sosialisasi, mitigasi, dan lain sebagainya.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Nina Suzana menjelaskan, saat ini Pemkot Depok memiliki RSUD Tipe C dengan ruang serta tempat tidur yang terbatas. Oleh karena itu, sebagian anggaran tersebut dialokasikan untuk memenuhi fasilitas yang dibutuhkan.

“Penanganan ini butuh dana besar. Belum lagi alat tes rapid dan PCR, Alat Pelindung Diri (APD), disinfektan dan lain-lain, itu semua dicover oleh anggaraan itu,” kata Nina dilansir situs resmi Pemerintah Kota Depok.

Nina menjelaskan, anggaran yang sudah digelontorkan untuk RSUD Depok jumlahnya sekitar Rp 15 miliar dan dibagi dalam beberapa tahapan. Begitupun untuk Dinas Kesehatan (Dinkes) yang jumlahnya lebih dari Rp 20 miliar.

“Belum lagi anggaran penanganan Covid-19 pada rumah sakit yang ditunjuk Pemkot Depok untuk penanganan atau isolasi, seperti RSUI, RS Bhayangkara Brimob dan lain-lain. Pastinya butuh anggaran besar,” terangnya.

Dikatakannya, besaran nilai yang telah digelontorkan Pemkot Depok tidak bisa dibandingkan dengan meningkatnya jumlah kasus positif. Mengingat, 60 persen warga Depok merupakan komuter.

Dia menambahkan, Pemkot Depok sudah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka penyebaran Covid-19. Namun pergerakan atau mobilitas orang di Kota Depok yang umumnya para komuter, sulit dibatasi. Mengingat, perkantoran dan fasilitas publik di tempat lainnya sudah beraktivitas normal sehingga membuka kemungkinan untuk kasus penyebaran baru.

“Seperti beberapa kasus yang terjadi saat ini. Pasien yang terkonfirmasi positif merupakan imported cases yang ditularkan oleh anggotanya yang bekerja di Jakarta,” tambahnya.

Mantan Kepala Satpol PP tersebut juga meminta peran aktif masyarakat dalam memerangi pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menerapkan 3M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak.

“Ayo perangi bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Lakukan 3M dimanapun dan kapanpun,” tutupnya.(mia)