DepokNews- Imam Musanto selaku Anggota DPRD Kota Depok Komisi A Fraksi PKS memberikan perhatian serius terhadap Perda Kota Religius yang diusung Pemerintah Kota Depok. Dirinya mengatakan, perda merupakan bentuk nyata pemimpin cerdas dalam mengelola pemerintahan, hal ini merupakan kepedulian kepada seluruh umat beragama di Kota Depok.

Agama yang dianut masyarakat Indonesia beragam diantaranya Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu. dan Konghucu. Keberagaman agama ini harus dijaga dengan baik sehingga menciptakan sikap toleransi yang tinggi.

“Inisiatif tentang Perda Kota Religius ini adalah inovasi cerdas pemimpin Kota Depok, yang terbentuk atas dasar survey serta pengkajian yang didasari dari kebutuhan khusus umat beragama yang ada di Kota Depok, dan dalam rangka mewujudkan bangsa yang berbudaya melalui penguatan nilai-nilai religius masyarakatannya,” ujar Imam Musanto, Rabu (03/11/21).

Imam Musanto mengungkapkan, kata religius adalah nilai-nilai kerohanian yang tinggi, religius bersifat mutlak, abadi dan bersumber pada kepercayaan dan keyakinan manusia. Penganut agama Kristen yang melakukan kebaktian sesuai perintah agamanya, seorang muslim yang menjalankan sholat karena merupakan perintah agamanya, kedua hal tersebut merupakan contoh nyata dari nilai religius.

“Masyarakat Depok merupakan masyarakat heterogen, masyarakat memiliki karakter budaya dan agama yang berbeda. Maka dari itu perlu didorong pengaturan khusus tentang penyamarataan hak menerima, serta menyerap anggaran pemerintah khususnya Pemkot Depok, kepada organisasi keagamaan agar terwujud masyarakat yang harmonis, rukun damai, aman, tertib dan tentram,” ujarnya.