Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Fakultas Teknik UPN“Veteran” Jakarta “Sulap Minyak Jelantah Menjadi Sabun”

DepokNews–Tim Dosen dan Mahasiswa dari Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta melakukan program pengabdian Masyarakat dengan mengajarkan warga di Kampung Kekupu RT 06 RW 05 Kelurahan Rangkapan Jaya Pancoran Mas Depok cara mengolah minyak jelantah menjadi sabun. Program pengabdian Masyarakat yang di ketuai oleh Ibu Nur Fajriah dengan anggota Ibu Santika Sari dan Ibu Silvia Anggraini yang di bantu oleh Mahasiswa/I Program Studi Teknik Industri UPN Veteran Jakarta yang terdiri dari M. Farhan Inarta, Alyssa, Fasya dan M. Zidane.

Nur Fajriah, salah satu dosen, mengatakan bahwa minyak jelantah yang menjadi limbah rumah tangga tersebut selama ini hanya dibuang begitu saja oleh Masyarakat ke saluran air, tanah maupun selokan. Beberapa bahkan ada yang menggunakan minyak jelantah secara terus menerus untuk memasak. “Hal ini tentunya berdampak buruk bagi Kesehatan,” kata Nur Fajriah.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah warga dengan sangat antusias. Mereka diajari cara mengolah minyak jelantah mulai dari proses penyaringan, hingga tahap pembuatan sabun. Selain diajari cara membuat sabun, warga juga diberikan edukasi tentang bahaya membuang minyak jelantah sembarangan dan manfaat mengolahnya menjadi sabun.

Program ini disambut baik oleh masyarakat , mereka mengaku senang bisa belajar membuat sabun dari minyak jelantah dan berterimakasih kepada tim Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta atas ilmunya. Melalui program ini, diharapkan masyarakat Kp. Kekupu RT 06 RW 05 dapat lebih bijak dalam mengelola sampah rumah tangga, khususnya minyak jelantah, dan dapat menghasilkan produk yang bermanfaat dari limbah tersebut.