Pelatihan

DepokNews–Yayasan Al-Amanah merupakan yayasan panti asuhan dan pondok pesantren yang mengasuh kurang lebih 120 orang anak dari berbagai tingkat pendidikan seperti balita, Madrasah Ibtidaiyah (MI) setara SD, Madrasah Tsanawiyah (MTs) setara SMP dan Madrasah Aliyah (MA) setara SMA. Selain itu, yayasan ini juga mengelola sekolah dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga SMK. Mayoritas siswa yang diasuh oleh yayasan Al-Amanah adalah berasal dari tingkat MTs. Siswa yang mengikuti Pendidikan di sekolah yang dimiliki oleh Yayasan Al-Amanah berasal dari kalangan menengah ke bawah. Ada siswa yang tidak diwajibkan untuk membayar biaya Pendidikan selama menempuh Pendidikan di Yayasan Al-Amanah.

Foto Bersama di Depan Kantor Yayasan Al Amanah

Pelajaran mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tingkat SMP atau MTs, telah mempelajari penggunaan Microsoft word, Microsoft excel, pengenalan komputer dan pengenalan jaringan komputer. Siswa SMP atau MTs juga sudah mempelajari mengenai Ekonomi seperti pemahaman tentang kegiatan ekonomi, diantaranya fungsi produksi. Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu pelajaran pilihan di MTs Al Amanah, sedangkan pelajaran Ekonomi merupakan pelajaran wajib yang diikuti oleh seluruh siswa MTs Al Amanah. Kedua pelajaran tersebut masuk ke dalam bidang ilmu Informatika, Telekomunikasi dan Ekonomi Komputer. Untuk meningkatkan pemahaman siswa khususnya di bidang Informatika, Telekomunikasi, dan Ekonomi, selain berasal dari guru mata pelajaran tersebut, pihak yayasan juga mendatangkan para pakar di bidangnya. Hal ini dilakukan untuk dapat meningkatkan pengetahuan siswa MTs Al Amanah mengenai ketiga bidang tersebut. Selain itu juga untuk dapat memanfaatkan sumber daya yang telah tersedia di MTs Al Amanah.

Penguatan terhadap mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Ekonomi masih dibutuhkan dikarenakan minat siswa terhadap kedua mata pelajaran tersebut sangat tinggi. Penyampaian materi yang lebih interaktif dan komunikatif dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman kedua mata pelajaran tersebut. Sarana dan prasarana di MTs Al Amanah untuk mendukung mata pelajaran ini sudah ada namun masih harus terus ditingkatkan. Sarana dan prasarana yang terdapat di MTs Al Amanah sebagian besar merupakan hibah dari para pendonor yang datang ke Yayasan Al Amanah dan jumlahnya masih terbatas.

Permasalahan utama yang dihadapi oleh Mitra adalah kurangnya sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan mengenai bidang Informatika, Telekomunikasi, dan Ekonomi Komputer, dimana ketiga bidang ilmu ini masuk dalam dua mata pelajaran yang telah disebutkan sebelumnya. Sarana dan prasarana juga masih kurang untuk dapat mendukung proses belajar mengajar ketiga bidang tersebut. MTs Al Amanah hanya memiliki  satu laboratorium komputer yang dipakai oleh seluruh siswa di MTs Al Amanah yang berjumlah lebih dari 100 siswa. Jumlah PC, laptop dan viewer yang tersedia sangat terbatas untuk menunjang proses belajar mengajar di MTs Al Amanah.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, pihak Yayasan Al Amanah mengajukan permohonan kepada Universitas Gunadarma untuk mengirimkan dosen-dosennya dalam bentuk abdimas di Yayasan Al Amanah untuk periode Maret – Agustus 2022. Kegiatan abdimas dilakukan dengan memberikan pelatihan bidang Informatika, Telekomunikasi, dan Ekonomi Komputer. Materi pelatihan bidang Informatika meliputi pelatihan pembuatan persentasi yang interaktif, pembuatan surat menyurat dan pembuatan laporan dengan formula dengan menggunakan aplikasi komputer. Materi pelatihan bidang Telekomunikasi meliputi pengenalan jaringan, perangkat jaringan yang umum digunakan dan bagaimana suatu telepon genggam bisa digunakan untuk berkomunikasi. Materi pelatihan bidang Ekonomi Komputer meliputi pemahaman tentang kegiatan ekonomi, fungsi produksi, perhitungan biaya produksi dan harga jual produk menggunakan formula dengan bantuan aplikasi komputer.

Selain memberikan pelatihan, kelompok abdimas di Yayasan Al Amanah pada periode Maret – Agustus 2022 juga memberikan sumbangan berupa penambahan sarana ibadah yaitu karpet yang digunakan untuk masjid di lingkungan Yayasan. Kelompok abdimas dari Universitas Gunadarma ini sudah beberapa tahun memberikan pelatihan di Yayasan Al Amanah khususnya untuk siswa siswi MTs Al Amanah. Selain memberikan pelatihan, kelompok abdimas ini juga selalu berkontribusi untuk Yayasan Al Amanah mengenai keperluan penunjang pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa siswi MTs Al Amanah.

Selama pandemi covid-19, kelompok abdimas dari Universitas Gunadarma ini tetap memberikan sumbangsihnya bagi MTs Al Amanah. Pelatihan diberikan melalui tatap muka jarak jauh kepada siswa siswi MTs Al Amanah. Karena keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh siswa siswi MTs Al Amanah, pelatihan diberikan melalui email, video dan berbagai alat peraga elektronik lainnya supaya materi tetap dapat diterima dengan baik oleh siswa siswi MTs Al Amanah.  

Previous articleRidwan Kamil Resmikan Situ Rawa Kalong, Jadikan Destinasi Wisata
Next articleRidwan Kamil dan Bonge Bergaya di Panggung Apung Saat Peresmian Setu Rawa Kalong