Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat meninjau pengerjaan relokasi kabel udara di Jalan Tole Iskandar, belum lama ini. (Foto: Diskominfo).

DepokNews – Koordinator Daerah Depok Bogor Asosiasi Penyedia Jaringan Telekomunikasi Indonesia (Apjatel), Fajar Muhammad Nur optimistis, pekerjaan kabel udara di Jalan Siliwangi-Tole Iskandar selesai tepat waktu. Pasalnya, hingga 25 Juli 2022, pihak Pelaksana Relokasi PT. Fiber Telekomunikasi Indonesia telah melakukan pembuatan lubang pit sebanyak 75 lubang.

“Sampai dengan kemarin (25/07) ada 75 lubang pit  dan yang telah terinstal High Density Polyethylene (HDPE) yaitu sebanyak 60 lubang. Rencana proses pengerjaan berlangsung dari 15 Juli sampai 30 November 2022,” ujarnya, Selasa (26/07/22).

Dari lubang pit yang telah digali, lanjutnya, sudah ditutup sebanyak 50 lubang dengan total jarak 1.500 meter atau 1,5 km. Setiap harinya, ada sekitar 15 lubang yang dipasang  HDPE.

“Ada sekitar 15 lubang yang hari ini dikejar untuk dipasang HDPE. Setiap harinya, ada penambahan 15 lubang pit baru,” paparnya.

Untuk diketahui, pengerjaan relokasi kabel udara di sepanjang Jalan Siliwangi-Tole Iskandar menggunakan metode boring katrek dan penempatannya menggunakan subduct/HDPE.

Terdapat keunggulan dari metode subduct/HDPE ini. Antara lain perawatan yang lebih mudah ketika nanti ada perbaikan kabel serta harga yang lebih murah atau terjangkau. Metode ini juga merupakan standar teknis yang dipakai oleh semua operator telekomunikasi.

Sumber: depok.go.id

Previous articleAtalia Praratya Apresiasi Kinerja Jaber Depok
Next articleKepala Diskominfo Depok Sampaikan Dua Sisi Dampak Menggunakan Media Sosial