DepokNews–Dalam rangka memperkuat peran serta pendidikan di masyarakat, sekelompok siswa SMA Muhammadiyah 4 Depok menggelar kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mendukung peningkatan literasi anak-anak di TK ABA 1 Beji, Depok. Melalui serangkaian kegiatan edukatif yang melibatkan permainan, para siswa berusaha memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak usia dini. Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi anak-anak untuk lebih aktif belajar, sekaligus memperkenalkan mereka pada berbagai keterampilan yang berguna dalam perkembangan literasi mereka.
Dalam kegiatan ini, para siswa SMA Muhammadiyah 4 Depok berusaha memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dengan memadukan unsur permainan dalam proses belajar. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan anak-anak, sekaligus memperkenalkan mereka pada metode pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Kegiatan tersebut berupa mewarnai, bermain lompat balok dan mengisi pola dengan origami.
Anak-anak di kelas A1 diajak untuk berkreasi dengan mewarnai gambar-gambar sederhana. Aktivitas ini bertujuan untuk melatih keterampilan mereka serta memperkenalkan mereka pada berbagai warna dan bentuk. Selain itu, kegiatan mewarnai ini juga membantu anak-anak untuk lebih fokus dan kreatif dalam menyelesaikan tugas, yang merupakan dasar penting dalam perkembangan literasi mereka.
Di kelas B1, anak-anak diberi kesempatan untuk bermain lompat balok dengan berbagai bentuk geometri seperti kotak, segitiga, dan bulat. Bermain lompat balok ini mengajarkan anak-anak tentang keseimbangan tubuh serta pentingnya bergerak aktif untuk perkembangan fisik mereka.
Sementara itu, di kelas B2, siswa SMA Muhammadiyah 4 Depok memandu anak-anak untuk mengisi pola menggunakan origami. Aktivitas ini bertujuan untuk melatih keterampilan anak- anak, meningkatkan daya kreativitas mereka, serta mengajarkan mereka tentang bentuk dan pola.
Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diadakan oleh siswa SMA Muhammadiyah 4 Depok di TK ABA 1 Beji berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak. Melalui serangkaian aktivitas, seperti mewarnai, bermain lompat balok, dan mengisi pola dengan origami, anak-anak tidak hanya memperoleh pengetahuan dasar, tetapi juga mengembangkan keterampilan motorik halus, kreativitas, serta pemahaman terhadap bentuk dan warna. Pendekatan bermain dan belajar ini diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar anak-anak sejak dini, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan yang mendukung perkembangan mereka secara menyeluruh.