Penyaluran Bahan Pangan Pokok Bagi Pelaku Usaha PAREKRAF Yang Terdampak Pendemi COVID-19 di Kabupaten Bogor

DepokNews–Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/ Baparekraf) menyelenggarakan program pemberian bantuan Bahan Pokok dan Lauk Siap Saji (BaLaSa) di Desa Cihideung Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor pada 23 Juli 2020.

Program BaLaSa merupakan inisiasi Kemenparekraf/Baparekraf untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat khususnya pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dalam menggalang kekuatan bersama untuk saling tolong-menolong menanggulangi dampak dari COVID-19.

Yayasan Cihideung Udik Mulia di amanahi sebagai lembaga yang menyalurkan bantuan sembako dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Dr. Fahmy Alaydroes, MM, MEd., anggota DPR RI / Banggar DPR RI Komisi X, secara simbolis Havier Essa Pradana dari Direktorat Pemasaran Pariwisata Regional III perwakilan Kemenparekraf menyerahkan sejumlah 406 paket BaLaSa / sembako yang diterima oleh Ida Nyoman Heru Siswoyo selaku Pembina Yayasan dan pelaku MICE di Kabupaten Bogor Jawa Barat, bantuan ini di tujukan kepada pelaku usaha di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Bogor Jawa Barat

“Semoga bermanfaat dan bisa meringankan beban masyarakat khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di Kabupaten Bogor dan Indonesia pada umumnya yang terdampak Pandemi COVID-19,” ujar Havier Essa Pradana.


Program BaLaSa di Desa Cihideung Udik Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Kamis (23/7/2020), menjelaskan upaya ini dilakukan untuk menjalin persahabatan antara pemerintah dan anggota DPR RI Komisi X dengan pelaku usaha parekraf serta membantu stakeholders terkait untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kebiasaan baru di masa pandemi.


“Menjalin persahabatan merupakan bentuk rasa hormat kami kepada pengelola, pelaku usaha parekraf, maupun masyarakat yang terkait untuk bersama-sama memulihkan desinasi wisata yang terpuruk. Dengan adanya gerakan BaLaSa ini diharapkan masyarakat terdorong untuk saling mengedepankan kepentingan bersama dan mendorong perbaikan indikator kebersihan dan higienitas serta keselamatan dan kelestarian lingkungan destinasi wisata,” kata Dr. Fahmy Alaydroes, MM, MEd.,

Anggota DPR RI Komisi X, Fahmi Alaydroes, menambahkan program BaLaSa merupakan sebuah program sosial bagi pelaku parekraf yang diwujudkan dengan pemberian bantuan Bahan Pokok dan Lauk Siap Saji.


“Kami berterima kasih dan berharap bantuan ini dapat membantu para pengelola maupun pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di daerah destinasi wisata Kabupaten Bogor. Kondisi pandemi saat ini mengharuskan seluruh lapisan masyarakat untuk saling bergotong royong dan memberikan semangat satu sama lain untuk menghadapi tatanan kehidupan baru pascapandemi COVID-19,” ujar Ida Nyoman Heru Siswoyo