Penyaluran Bantuan Pangan Kota Termin ke-5 di Kecamatan Pancoran Mas Berjalan Lancar

Depok News – Pelaksanaan Bantuan Pangan Kota oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok periode 23-25 November 2023 terlaksana sudah. Ini adalah penyaluran ke-5 di tahun 2023 sekaligus menjadi penyaluran terakhir di tahun ini.

Ada kemajuan yang perlu diacungi jempol untuk Dinsos Kota depok dibandingkan tahun lalu, yaitu penyaluran tidak menunggu Desember melainkan di akhir November mengingat lonjakan harga di bulan Desember akan lebih tinggi. Hal ini sangat membantu para penerima bantuan sosial, juga gerai Pangan.

Penyaluran di Kecamatan Pancoran Mas meliputi 251 Penerima Bantuan Sosial (PBS) dari 6 kelurahan yang ada. Setiap kelurahan berbeda jumlah PBS-nya. Kelurahan Pancoranmas menjadi penerima terbanyak.

Kordinator Kelurahan (Korkel) Pancoran Mas, Siti Rahmawati menjelaskan bahwa proses informasi pelaksanaan KDS sangat cepat, karena kegiatan ini berulang. Setiap Korkel mempunyai grup WA bersama PBS dan Gerai Pangan sehingga melancarkan arus informasi. Gerai Pangan melaporkan ketersediaan komoditi pangan kepada Kodinator Kelurahan, lalu dilanjutkan ke PBS.

Adanya Komunikasi Korkel dengan PBS juga Gerai Pangan menjadikan kunci kelancaran penyaluran Bantuan Sosial di Kota Belimbing ini.

Dalam pelaksanaan juga dilakukan kontrol oleh Dinsos Kota Depok dengan menurunkan tim kelapangan. Tim tersebut mewawancarai Gerai Pangan dan PBS terkait komoditas dan juga pelayanan Gerai.

Sementara itu, pemilik Gerai Pangan Nice Mart Nasrul merasakan keberpihakan Dinsos kepada UMKM miliknya. “Dinsos mengarahkan komoditi yang akan di bagikan dan juga memberikan pegangan harga-harga di pasaran, sehingga pemilik Gerai tidak menjadikan ajang untuk mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya,” ungkapnya.

Tampak di antara PBS terdapat para penyandang disabilitas dan manula. Senyuman di bibir mereka saat menerima komoditi. Beban berat yang dirasakan menjadi lebih ringan karena ada ketersediaan pangan di rumah mengingat harga sembako belakangan ini. “Terima kasih Pemkot Depok,” begitu ucapan yang spontan keluar dari mulut mereka.