DepokNews — Pasien-pasien yang memiliki masalah sehubungan dengan usia, hambatan fisik, psikologis dan mental dapat menghambat kemampuan pasien tersebut dalam mencapai status kesehatan gigi yang optimal.

Pasien dengan kebutuhan khusus tersebut memerlukan penanganan secara khusus juga, dan disinilah peranan pramurawat/caregiver sangat diperlukan.

Untuk memahami peranan para perawat gigi ini dalam memberikan kesehatan gigi, maka Departemen Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan kepada pramurawat/caregiver dari individu berkebutuhan khusus yang dirawat di Wisma Tuna Ganda Palsigunung, Jl. Raya Bogor, Pekayon, Kec. Ps. Rebo, Jakarta Timur.

Kegiatan ini mengusung tema “Solusi Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Penyandang Disabilitas Wisma Tuna Ganda” dan diadakan secara bauran/hybrid (online dan offline).

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, pencegahan penyakit gusi bagi individu berkebutuhan khusus, serta pertolongan pertama yang dapat diberikan oleh para caregiver ketika menghadapi situasi kegawatdaruratan dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

Ketua Departemen Ilmu Penyakit Mulut FKG UI, Dr. drg. Febrina Rahmayanti., Sp.PM (K), melalui sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk memahami kebutuhan kesehatan gigi pasien-pasien berkebutuhan khusus.

“Sepertinya perlu dilakukan kerja sama antara institusi pendidikan dengan lembaga profesi PDGI, dan pada kesempatan kali ini turut hadir ketua PDGI Jakarta Timur, semoga kita berkerja sama dilain waktu untuk meningkatkan pemahaman dokter gigi terkait special needs dentistry,” ujarnya.