Peringati Hari Air Sedunia, Dirut PT Tirta Asasta Pimpin Langsung Susur Sungai Ciliwung

DepokNews–Dalam rangka memperingati Hari Ai Sedunia, PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) menggelar kegiatan susur Sungai Ciliwung.

Direktur Utama PT Tirta Asasta Depok, Muhammad Olik Abdul Holik mengatakan, kegiatan susur sungai digelar dalam rangka peringatan Hari Air Sedunia yang jatuh pada Rabu, (22/03/23).

“Hari ini kami lakukan arung Sungai Ciliwung untuk membersihkan sampah dan melakukan penanaman pohon di bantaran sungai,” ujar Olik.

Sementara untuk penanaman pohon, kata dia, ada 20 pohon yang ditanam di IPA PT Tirta Asasta Depok di Citayam dan sepanjang bantaran Sungai Ciliwung.

Dia menambahkan, kegiatan susur sungai Ciliwung dimulai dari Instalasi Pengolahan Air PT Tirta Asasta Depok di Jalan Kartini hingga Dermaga Perahu Kolong Tol Cijago, Kelurahan Kemirimuka, Beji.

“Pesertanya dari PT Tirta Asasta Depok, Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok, Dinas PUPR Kota Depok dan Yayasan Sahabat Ciliwung,” katanya.

Kegiatan itu, lanjutnya, seharusnya digelar pada, Rabu (22/03/23). Akan tetapi karena libur hari Raya Nyepi maka dipindahkan ke, Senin (20/03/23).

“Kegiatan ini bagian upaya kita melestarikan sungai sebagai salah satu visi PT Tirta Asasta Depok,” paparnya.

Dia menambahkan, Sungai Ciliwung merupakan salah satu sumber air bagi warga Kota Depok.

“Walaupun air tanah di Depok masih bagus, namun cadangannya hampir habis. Karena itu kami berharap masyarakat beralih dari air tanah ke air PDAM yang diambil dari Sungai Ciliwung,” katanya.

Olik berharap makin banyak masyarakat Kota Depok yang beralih dari air tanah ke air PDAM sehingga lingkungan tetap terjaga.

“Air tanah yang ada saat ini biarlah menjadi warisan anak cucu kita. Selain itu, kami menjaga agar permukaan tanah tidak makin turun seperti di Jakarta,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini ada bermacam sampah yang diangkut oleh peserta susur Sungai Ciliwung, mulai dari plastik, botol, sepatu, ban, hingga kasur dan jenis sampah lainnya